dc.contributor.advisor | Sunardi | |
dc.contributor.advisor | Susanto | |
dc.contributor.author | Afi Latul Laili | |
dc.contributor.author | Sunardi | |
dc.contributor.author | Susanto | |
dc.date.accessioned | 2016-05-30T02:13:10Z | |
dc.date.available | 2016-05-30T02:13:10Z | |
dc.date.issued | 2016 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74243 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini mendeskripsikan proses berpikir siswa tunanetra dalam memahami konsep persegi panjang. Proses berpikir siswa tunanetra dideskripsikan berdasarkan tahapan Piaget yaitu disequilibrium, asimilasi, akomodasi dan equilibrium. Ketika siswa diberikan soal tes terjadi kebingungan atau ketidakseimbangan yang disebut dengan disequilibrium. Tahapan asimilasi terjadi ketika siswa memperoleh pengetahuan baru, kemudian apabila siswa sudah paham dengan pengetahuan baru yang diperoleh maka akan terjadi akomodasi. Apabila asimilasi dan akomodasi seimbang maka akan terjadi equilibrium. Hasil deskripsi proses berpikir siswa tunanetra akan dikaitkan dengan teori van hiele. Berdasarkan indikator van Hiele, level berpikir dari subjek penelitian sudah pada level 1 yaitu analisis. Namun subjek penelitian yang lain masih belum memenuhi indikator van Hiele, sehingga siswa tersebut belum memenuhi level van Hiele yang ada. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | UNEJ | en_US |
dc.subject | Proses Berpikir, Siswa Tunanetra, Tahapan Piaget, Teori Van Hiele | en_US |
dc.title | Proses Berpikir Siswa Tunanetra dalam Memahami Konsep Persegi Panjang Dilihat dari Teori Van Hiele | en_US |
dc.type | Article | en_US |