Show simple item record

dc.contributor.advisorMuhtadi Irvan
dc.contributor.advisorChumi Zahroul F
dc.contributor.authorAchmad Deny Ludfi
dc.contributor.authorMuhtadi Irvan
dc.contributor.authorChumi Zahroul F
dc.date.accessioned2016-05-30T02:07:18Z
dc.date.available2016-05-30T02:07:18Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74239
dc.description.abstractSnowball throwing merupakan salah satu pembelajaran aktif (active learning) yang dalam pelaksanaannya banyak melibatkan siswa. Teknik snowball throwing, secara harfiah dalam kamus bahasa Indonesia snowball berarti bola salju sedangkan throwing berati melempar. Dalam artian yang sesungguhnya gumpalan kertas yg seperti bola dan di dalam nya berisi pertanyaan yang dibuat oleh orang lain teman ataupun guru. Bisa dikatakan bahwa snowball throwing merupakan modifikasi teknik bertanya menitik beratkan pada kemampuan membuat pertanyaan yang dikemas dalam sebuah permainan menarik yaitu saling melemparkan bola salju yang berisi pertanyaan kepada sesama teman. Tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan teknik snowball throwing terhadap hasil belajar IPS pokok bahasan permasalahan sosial pada siswa kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember semester genap tahun pelajaran 2015-2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental dengan pola pre- test post-test control group design. Pengumpulan data menggunakan metode tes yang berupa tes obyektif pada pre-test dan post-test. Subyek penelitian yaitu siswa kelas IV yang terdiri dari kelas IVA dan kelas IVB SDN Sumbersari 03 Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Skor tes siswa berupa nilai hasil pre-test dan post-test yang dianalisis dengan uji-t menggunakan program SPSS versi 14.00 . Hasil analisis dengan rumus uji-t diperoleh thitung= 6,484 dengan keefektifan relative sebesar 88,34%. Hasil perhitungan uji-t di konsultasikan dengan t-tabel pada db = 64, taraf signifikansi 5%, sehingga diperoleh nilai t-tabel = 1,998; dapat diketahui bahwa t-hitung > t-tabel ( 6,484 > 1,998), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh teknik snowball throwing terhadap hasil belajar siswa kelas IV pokok bahasan masalah sosial di SDN Sumbersari 03 Jember tahun pembelajaran 2015/2016.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjecteknik snowball throwing, hasil belajar, penelitian eksperimental.en_US
dc.titlePENGARUH TEKNIK SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PERMASALAHAN SOSIAL PADA SISWA KELAS IV SDN SUMBERSARI 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record