dc.description.abstract | Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari variabel kecerdasan terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 1 Grati Kabupaten Pasuruan tahun 2015. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area yaitu SMA Negeri 1 Grati Kecamatan Grati Pasuruan. Penentuan jumlah responden dalam penelitian ini menggunakan metode proporsional random sampling, sebanyak 63 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: angket, dokumen, dan wawancara. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan editing, skoring, dan tabulasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial/statistik yaitu dengan menggunakan analisis garis regresi sederhana, analisis varian garis regresi, uji F, efektivitas garis regresi, dan standart error of estimate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan kecerdasan terhadap hasil belajar siswa 78,4%. sedangkan sisanya yaitu 21,6% dipengaruhi variabel bebas lain yang tidak diteliti yaitu fasilitas belajar di sekolah, pemberian penguatan, motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa, cara mengajar guru, dan lain-lain. Berdasarkan hal tersebut dapat diketahui bahwa hasil belajar yang diperoleh siswa sangat dipengaruhi oleh kecerdasan yang dimiliki siswa. Dimana siswa yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi maka dapat berdampak hasil belajar yang tinggi pula, akan tetapi jika tingkat kecerdasan siswa rendah, maka hasil belajar yang diperoleh siswa juga akan rendah. | en_US |