Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Solvabilitas Dan Likuiditas Terhadap Luas Pengungkapan Corporate Sosial Responsibility (Studi Empiris Pada Industri Barang Konsumsi Tahun 2012-2014) The Effect Of Size, Profitability, Solvability And Liquidity To Corporate Social Responsibility Disclosure (Empirical Study In Consumer Goods Year 2012-2014)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh faktor ukuran perusahaan, profitabilitas, solvabilitas, dan likuiditas terhadap
luas pengungkapan CSR. Faktor ukuran perusahaan, profitabilitas, solvabilitas, dan likuiditas sebagai variabel independen
diproksikan masing-masing dengan total asset, NPM, DER dan CR sementara singkat luas pengungkapan CSR yang menjadi
variabel dependen diproksikan dengan indeks GRI 3.1 2011. Sampel penelitian ini adalah laporan tahunan dari perusahaan
manufaktur industri barang dan konsumsi yang terdaftar di BEI selama periode 2012-2014. Dari 36 perusahaan barang dan
konsumsi yang terdaftar di BEI terdapat 16 perusahaan yang memenuhi kriteria dengan 48 data observasi. Metode analisis
data menggunakan uji regresi linier berganda, dimana dari penguian tersebut didapatkan hasil bahwa ukuran perusahaan
(0,360>0,05) dan likuiditas (0,320>0,05) tidak berpengaruh terhadap luas pengungkapan CSR. Sedangkan profitabilitas
(0,001<0,05) dan solvabilitas (0,043<0,05) berpengaruh positif terhadap luas pengungkapan CSR.