dc.contributor.advisor | Khoiri, Abu | |
dc.contributor.advisor | Sandra, Christyana | |
dc.contributor.author | Elysa Purnamasari, Wahyu | |
dc.date.accessioned | 2016-05-02T03:09:25Z | |
dc.date.available | 2016-05-02T03:09:25Z | |
dc.date.issued | 2016 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73646 | |
dc.description.abstract | Evaluasi kinerja RSD dr. Soebandi sampai tahun 2015 masih mengacu pada peraturan dari
Pemerintah Daerah diantaranya dengan pencapaian pendapatan fungsional, indikator mutu
pelayanan dan evaluasi kepuasan pasien. Berdasarkan Laporan tahunan menunjukkan adanya
penurunan kinerja rumah sakit pada tahun 2014 dibanding dari tahun sebelumnya. Dikarenakan
sampai saat ini Rumah Sakit masih bertumpu pada satu perspektif yaitu keuangan, padahal masih
terdapat beberapa perspektif yang dapat mempengaruhi kinerja rumah sakit. Untuk itu diperlukan
alternatif solusi penilaian dengan pendekatan Balanced Scorecard. Tujuan penelitian untuk
menggambarkan kinerja rumah sakit dengan pendekatan Balanced Scorecard. Jenis penelitian
deskriptif kuantitatif. Sampel yang diambil yaitu 97 orang pasien dan 88 orang karyawan. Analisis
data menggunakan analisis deskriptif dan skor Balanced Scorecard. Hasil penelitian pada
perspektif pertumbuhan dan pembelajaran menujukkan retensi karyawan baik, pelatihan karyawan
baik dan kepuasan karyawan cukup puas. pada perspektif proses bisnis internal, respons times
poliklinik cukup baik dan respons times pada 1 apotek kurang baik. Perspektif pelanggan
menunjukkan kepuasan pelanggan cukup puas, retensi pelanggan baik, dan akuisisi pelanggan
kurang baik. Pada perspektif keuangan menunjukkan pertumbuhan pendapatan fungsional kurang
baik, perubahan biaya baik, dan ROI masih kurang baik. kinerja RSD dr. Soebandi dengan
pendekatan Balanced Scorecard cukup baik | en_US |
dc.publisher | UNEJ PRESS | en_US |
dc.relation.ispartofseries | Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa; | |
dc.subject | Pertumbuhan dan pembelajaran | en_US |
dc.subject | proses bisnis internal | en_US |
dc.subject | pelanggan | en_US |
dc.subject | keuangan | en_US |
dc.title | Kinerja RSD dr. Soeebandi Kabupaten Jember dengan Pendekatan Balanced Scorecard (BSC) The Performance of dr. Soebandi Regional Hospital in Jember District by Balanced Scorecard (BSC) Approach | en_US |
dc.type | Student Paper | en_US |