Show simple item record

dc.contributor.authorMahfud, Akhmad
dc.date.accessioned2016-02-23T04:10:00Z
dc.date.available2016-02-23T04:10:00Z
dc.date.issued2016-02-23
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73594
dc.description.abstractViscoelastic adalah perilaku material yang mampu kembali ke bentuk seperti semula dengan waktu tertentu yang mengakibatkan disipasi energi dalam jumlah besar pada tingkat internal yang berbeda. Dalam penelitian ini, difokuskan pada nilai viscoelastic. Variasi yang digunakan adalah Variasi tekanan yaitu; 200, 230 dan 250 kPa dengan masingmasing tekanan diberikan beban 150-1350 N. Penelitian ini dilakukan di Penelitian ini dilakukan di LPM (ruang riset tim mobil listrik TITEN Fakultas Teknik) Universitas Jember.. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa pada tekanan 250 kPa memiliki Viscoelastic lebih baik daripada tekanan 200 dan 230 kPa, dimana puncak tertinggi dari fenomena viscoelastic ini ketika tekanan itu terjadi pada tekanan 200 kPa dengan beban 1350 N yaitu 6,07 mks dan viscoelastic terendah terjadi pada saat tekanan 250 kPa dengan beban 150 N dengan nilai 0,02 mks sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi viscoelastic, maka semakin tinggi nilai displacement dan luasan kontak ban dengan permukaan yang menyebabkan semakin tinggi pula nilai rolling resistance. Dari kesimpulan tersebut bisa diketahui bahwa viscoelastic mempunyai pengaruh terhadap rolling resistance.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPENGARUH VISCOELASTICITYen_US
dc.titlePENGARUH VISCOELASTICITY TERHADAP NILAI ROLLING RESISTANCE PADA BAN RADIALen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record