dc.description.abstract | Pemilihan pendekatan pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran
Matematika sangat diperlukan agar materi yang disampaikan dapat diterima siswa
dengan baik, dan proses pembelajaran lebih efektif sehingga hasil belajar siswa
meningkat. Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara yang dilakukan di SDN
Biting 01 Jember diketahui bahwa pembelajaran cenderung berpusat pada guru dan
kurangnya pemanfaatan kondisi nyata serta pengalaman langsung yang ada di
lingkungan siswa dalam pembelajaran juga menyebabkan siswa sulit memahami
konsep matematika sehingga pembelajaran kurang bermakna. Hal tersebut
berpengaruh juga terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar ini dapat dilihat dari hasil
ulangan harian yang diperoleh dari wali kelas, hanya 41,4% atau 12 siswa dari 29
siswa yang berhasil mencapai KKM.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian dengan
menerapkan Pembelajaran Matematika Realistik. Masalah yang dirumuskan dalam
penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan pembelajaran matematika realistik dan
bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas V pada pokok bahasan luas
trapesium dan layang-layang melalui penerapan pembelajaran matematika realistik di
SDN Biting 01 Jember semester 1 tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini
dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran matematika
realistik dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada pokok bahasan luas
trapesium dan layang-layang melalui penerapan pembelajaran matematika realistik di
SDN Biting 01 Jember semester 1 tahun pelajaran 2015/2016. | en_US |