Show simple item record

dc.contributor.authorADI, DWI SUPUTERA
dc.date.accessioned2016-02-23T01:42:20Z
dc.date.available2016-02-23T01:42:20Z
dc.date.issued2016-02-23
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73530
dc.description.abstractMagnetohidrodinamika (MHD) memanfaatkan energi yang timbul akibat perpotongan medan magnet dengan arus listrik. Kapal Magnetohidrodinamika di desain dengan menggunakan gaya Lorentz yaitu dengan mengirimkan arus listrik melalui dua terminal dimana memotong medan magnet dalam air yang berisikan garam secara langsung, lalu akan timbul gaya Lorentz yang menyebabkan kapal dapat bergerak mengikuti gaya yang terjadi. Dalam pengaplikasiannya diperlukan channel kapal yang befungsi sebagai tempat terjadinya perpotongan antar medan magnet dengan arus listrik. Magnet yang digunakan magnet neodymium dengan ukuran 9cm x 2,2cm x 1,5cm. Penelitian ini dilakukan empat kali pengujian dengan masing-masing pengujian memiliki tegangan yang berbeda-beda yaitu 17,30V; 19,50; 22,44; 24V. Waktu tempuh terlambat saat tegangan channel sebesar 17,30V dengan daya dorong 20,689W kecepatan sebesar 4,1667cm/s, sedangkan waktu tempuh tercepat saat tegangan channel sebesar 24V dan memiliki daya dorong sebesar 170,946W kecepatan sebesar 7,8947cm/s.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMagnetohirdodinamika, gaya Lorentz, channel, magnet neodymiumen_US
dc.titlePEMANFAATAN MAGNETOHIDRODINAMIKA SEBAGAI ENERGI PENGGERAK (MAGNETIC PROPULSION) PADA KAPALen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record