• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    NILAI-NILAI DIDAKTIS CERITA “DAMARWULAN NGARIT” KELOMPOK JANGER “PURWO KENCONO” KECAMATAN TEGALDLIMO KABUPATEN BANYUWANGI

    Thumbnail
    View/Open
    Romi Wijaya.pdf (279.5Kb)
    Date
    2013
    Author
    Wijaya, Romi
    Sri Widayati, Endang
    Husniah, Furoidatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Nilai Didaktis dapat diartikan sebagai Nilai-nilai yang bersifat mendidik atau nilai yang memberi ajaran tentang kebaikan. Setiap karya sastra memiliki nilai-nilai didaktis yang terkandung didalamnya. Janger yang termasuk dalam drama tradisional memainkan cerita-cerita yang mengandung nilai didaktis yang disampaikan oleh sutradara kepada penonton. Nilai didaktis mengenai kerendahan hati dan kesederhanaan seorang ksatria yang rela berkorban demi bertemu dengan ayahnya merupakan nilai yang menarik dari cerita “Damarwulan Ngarit”. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan rancangan kualitatif. Data pada penelitian ini berupa kata-kata, kalimat-kalimat, dan segmen-segmen dialog yang mengindikasikan adanya tokoh dan tema, serta nilai-nilai didaktis yang terdapat pada rekaman video oleh Katulistiwa record dengan judul “Damarwulan Ngarit”. Pengumpulan data dalam penelitian ini, meliputi: simak catat dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini, meliputi: reduksi, interpretasi, penyajian, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tokoh utama adalah Damarwulan dan temanya tentang pengorbanan hidup seseorang demi mencapai sebuah cita-cita. Selain itu, juga dipaparkan nilai-nilai didaktis berdasarkan fungsinya, yakni nilai didaktis berkenaan dengan masalah hubungan manusia dengan diri sendiri meliputi keberanian dan tanggung jawab, nilai didaktis berkenaan dengan masalah hubungan manusia dengan manusia meliputi cinta kasih dan rasa hormat, serta nilai didaktis berkenaan dengan masalah hubungan manusia dengan Tuhan meliputi percaya dan berserah diri kepada Tuhan. Seseorang yang memiliki nilai hubungan yang baik dengan diri sendiri, antarmanusia, dan dengan Tuhan akan menjadi pribadi yang berkualitas dan dapat dijadikan panutan bagi orang lain. Kesimpulan penelitian ini mejelaskan bahwa cerita “Damarwulan Ngarit” dalam Janger Purwo kencono mengandung nilai-niali didaktis yang dapat dijadikan keteladan bagi penonton.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73326
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository