Show simple item record

dc.contributor.authorMustika Setianingrum, Mustika
dc.contributor.authorSlamet Hariyadi, Slamet
dc.contributor.authorJekti Prihatin, Jekti
dc.date.accessioned2016-02-18T04:49:41Z
dc.date.available2016-02-18T04:49:41Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73323
dc.description.abstractModel pembelajaran aktif card sortmerupakan kegiatan pembelajaran dengan cara memilih kartu sesuai kategori. Model pembelajaran ini dapat digunakan untuk mengajarkan konsep, karakteristik, klasifikasi, fakta, tentang obyek atau mereview informasi. Model pembelajaran aktif card sort belum memberikan gambaran yang nyata mengenai semua materi yang dipelajari sehingga perlu dipadukan dengan teknik mind mapping. Teknik mind mapping memberikan kemudahan untuk mengidentifikasi secara jelas dan kreatif materi yang dipelajari.. Metode penelitian pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran aktif card sort dengan teknik mind mapping. Aktivitas siswa dianalisis menggunakan uji t (independent sample t test). Hasil belajar kognitif dianalisis menggunakan Anakova dan uji t (independent sample t test). Hasil belajar afektif dianalisis menggunakan menggunakan uji t (independent sample t test). Secara klasikal, hasil aktivitas siswa dalam setiap aspek adalah: memperhatikan gurusebesar 87,65%; diskusi di kelas sebesar 77,78%; mengerjakan tugassebesar 82,41%; menyampaikan pendapatsebesar 68,21%; dan menanggapi pendapat siswa lain sebesar 64,20%. Hasil uji t menunjukkan aktivitas siswa sangat signifikan karena probabilitas (P) <0,01. Secara klasikal, perbedaan rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 11,1 daripada kelas kontrol sebesar 9,8. Data hasil kognitif (pre-test, post-test dan nilai tugas) dianalisismenggunakan Anakova dan uji t menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh signifikan karena probabilitas (P) <0,05. Hasil belajar siswa juga dapat dilihat dalam ranah afektif. Hasil uji t menunjukkan hasil yang signifikan karena probabilitas (P) <0,05en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectAktivitas Siswaen_US
dc.subjectHasil belajaren_US
dc.subjectModel Pembelajaran Aktif Card Sortdan Teknik Mind Mapping.en_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF CARD SORTDENGAN TEKNIK MIND MAPPINGTERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MAN 2 JEMBER TAHUN AJARAN 2012/2013en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record