• Login
    View Item 
    •   Home
    • COMMUNITY SERVICES REPORT (LPM)
    • CSR-Hibah Ditlitabmas - IbM
    • View Item
    •   Home
    • COMMUNITY SERVICES REPORT (LPM)
    • CSR-Hibah Ditlitabmas - IbM
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Kualitas Pembelajaran Membilang 1-30 Siswa Kelas I Melalui Permaianan Karet Di SD Arjasa 03 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    XDone SUHARTO_artikel.pdf (357.7Kb)
    Date
    2016-02-15
    Author
    Suharto, Suharto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kualiatas pembelajaran matematika di SDN 03, ditandai oleh cara belajar siswa, kolaborasi antar guru belum terbangun dengan baik, hal ini disebabkan oleh kinerja guru yang belum profesional . Penerapan pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik dapat mendorong siswa untuk menumbuh kembangkan sikap, keterampilan dan pengetahuan siswanya dan dapat diperoleh melalui proses mengamati, menanya, menalar, mencoba, membentuk jejaring untuk semua mata pelajaran. Untuk menyiapakan pembelajaran matematika yang demikian ini dilakukan melalui lesson study dengan harapan terbangun kolaborasi antar guru dan kepala sekolah serta lainnya. Hasil pengabdian ini adalah terbangun kolaborasi antar guru, kepala sekolah dan dosen, sehingga diperoleh rencana pembelajaran membilang 1-30 dan bahan kajian bercirikan saintifik (proses plan). Permasalahan yang tersaji sebagai bahan kajian tersaji pada lembar kerja siswa (LKS) dikembangkan melalui pemahaman fakta yang kontek dengan lingkungan siswa. Permasalahan ini diselesaikan oleh siswa secara kelompok melalui proses bermain karet, belajar mengamati karet yang didapat, mengumpulkan, membilang, menyusun dalam puluhan dan satuan serta menyimbolkannya (proses Do). Permasalahan membilang secara kelompok terselesaikan dengan sangat baik, tumbuh sharing, tukar pendapat, saling mengamati kerja membilangnya, namun masih ada 1 atau 2 siswa setiap kelompok yang malas bekerja dan berfikirnya. Akibatnya penyelesaian masalah membilang 1-30 secara individu siswa ada yang masih rendah. Hal ini disebabkan oleh siswa yang malas berfikir dan bekerja, tidak focus (See). Secara umum kinerja guru professional, pola pikir siswa dalam menyelesaikan masalah membilang melalui kerja kelompok sudah bagus. Disarankan tiap bulan dilakukan lesson study.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73298
    Collections
    • CSR-Hibah Ditlitabmas - IbM [217]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository