• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Economic and Business Article
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Economic and Business Article
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Suatu Sistem Pengukuran Kinerja Pada Rumah Sakit Jember Klinik (Application Of Balanced Scorecard As A Performance Measurement System Jember Hospital Clinic)

    Thumbnail
    View/Open
    RENALD HAMONANGAN LUBIS.pdf (252.3Kb)
    Date
    2016
    Author
    HAMONANGAN LUBIS, RENALD
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Balanced Scorecard adalah sistem manajemen untuk mengukur dan mengendalikan secara cepat, tepat serta komprehensif, dan memberikan pemahaman pada manajer tentang performance bisnis. Dengan adanya sistem manajemen ini diharapkan semua instansi, khususnya Rumah Sakit Jember Klinik mampu mengendalikan keahlian di bidang keuangan dan non-keuangan. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif meliputi keterangan-keterangan tertulis, dan data kuantitatif meliputi data primer dan data sekunder. Sampel yang digunakan adalah 86 responden karyawan dan pasien, dimana semakin besar sampel akan memberikan hasil yang akurat. Penelitian ini menggunakan metode analisis Critical Succes Factors (CSFs) dan pengembangan pengukuran dari empat perspektif balanced scorecard, yang berpengaruh terhadap keberhasilan kinerja Rumah Sakit Jember Klinik yang selaras dengan visi dan misi yang telah ditetapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Penilaian kinerja sudah mampu memberikan kepuasan pasien dan citra rumah sakit menjadi semakin baik, dan dilihat dari ROI yang dicapai belum optimal,TATO sudah dianggap sesuai dengan standar, efisiensi penggunaan biaya operasional belum efisien. Kedua, dilihat dari tenaga medis memiliki jenjang pendidikan dan dilihat dari sistem pelayanan terpadunya sudah menggunakan sistem berbasis komputerisasi. Ketiga, dari indeks kepuasan kerja karyawan sudah dikategorikan puas, sedangkan dilihat dari leraning and training index masih rendah dari yang distandarkan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73253
    Collections
    • SRA-Economic and Business Article [917]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository