Show simple item record

dc.contributor.advisorWijaya, Dodi
dc.contributor.advisorAsmaningrum, Nurfika
dc.contributor.authorUtami, Dahlia Kurniawati
dc.date.accessioned2016-02-02T03:26:29Z
dc.date.available2016-02-02T03:26:29Z
dc.date.issued2016-02-02
dc.identifier.nim112310101005
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73163
dc.description.abstractDunia kesehatan telah mengalami pergeseran yang sangat pesat. Salah satu langkah awal yang perlu ditempuh untuk mengatasi pergeseran tersebut yaitu dengan pengembangan tenaga kesehatan seperti tenaga keperawatan. Pengembangan tersebut dapat dilakukan dengan pengembangan sistem pendidikan di bidang keperawatan sehingga dapat mencetak perawat yang profesional. Perawat profesional harus melewati dua tahap pendidikan yaitu tahap pendidikan akademik dan tahap pendidikan profesi. Pada tahap pendidikan profesi keperawatan evaluasi merupakan komponen utama dalam menilai kemampuan peserta didik. Evaluasi tersebut digunakan untuk mengetahui sejauh mana kompetensi yang telah dicapai oleh mahasiswa profesi ners. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penilaian pembimbing klinik tentang kemampuan klinik mahasiswa profesi ners Universitas Jember tahun akademik 2014/2015 yang mencakup empat subvariabel kemampuan klinik yaitu kemampuan sosial, kemampuan berkomunikasi, keterampilan praktik, dan kemampuan mengambil keputusan, serta menganalisis subvariabel kemampuan klinik yang terbaik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Menggunakan desain penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel pada penelitian ini sebanyak 45 mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan profesi ners di rumah sakit. Cara pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Penelitian dilakukan di rumah sakit yang pada saat proses penelitian terdapat mahasiswa profesi ners Universitas Jember yaitu di RSD dr.Soebandi Jember dan RSUD dr. Haryoto Lumajang. Alat pengumpul data yang digunakan adalah kuesioner sehingga data yang diperoleh adalah data primer. Uji validitas dan reliabilitas menggunakan Pearson Product Moment dan menggunakan uji statistik uji non parametrik Kruskal-Wallis One Way ANOVA. Hasil uji univariat terkait empat subvariabel kemampuan klinik mahasiswa profesi ners yang dipersepsikan oleh pembimbing klinik menunjukkan 53,3% mahasiswa profesi ners memiliki kemampuan sosial yang baik, dan 46,7% kurang baik; 57,8% mahasiswa profesi ners memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik, dan 42,2% kurang baik; 51,1% mahasiswa profesi ners memiliki keterampilan praktik yang baik, dan 48,9% kurang baik; 64,4% mahasiswa profesi ners memiliki kemampuan mengambil keputusan yang baik, dan 35,6% kurang baik; sedangkan hasil uji univariat terkait kemampuan klinik mahasiswa profesi ners yang dipersepsikan oleh pembimbing klnik menunjukkan 66,7% mahasiswa profesi ners memiliki kemampuan klinik yang baik, dan 33,3% kurang baik. Hasil uji untuk mengetahui subvariabel kemampuan klinik yang terbaik yang dimiliki mahasiswa profesi ners Universitas Jember dianalisis dengan uji statistik non parametrik Kruskal-Wallis One Way ANOVA dan didapatkan nilai p = 0,249 (p > α = 0,05) yang berarti tidak terdapat perbedaan antara subvariabel kemampuan klinik mahasiswa profesi ners Universitas Jember. Hasil Uji menunjukkan bahwa Ha di tolak sehingga tidak dapat diketahui subvariabel kemampuan klinik mana yang paling baik yang dimiliki oleh mahasiswa profesi ners Universitas Jember tahun akademik 2014/2015 karena uji statistik tidak dapat dilanjutkan pada tahap selanjutnya, namun jika dilihat dari presentase kategori baik didapatkan hasil bahwa kemampuan mengambil keputusan yang memiliki presentase tertinggi dari pada subvariabel kemampuan klinik lainnya. Penguasaan kemampuan klinik yang baik sangat penting bagi mahasiswa profesi ners sebagai calon perawat. Kemampuan-kemampuan tersebut merupakan kunci seorang perawat dalam memberikan asuhan keperawatan kepada kliennya guna meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan dan membantu penyembuhan klien karena kemampuan seorang perawat dapat berimplikasi secara serius terhadap kesehatan fisik dan psikologis klien. Mahasiswa Profesi Ners sebagai calon perawat profesional hendaknya meningkatkan pengetahuan serta kemampuan terkait aspek-aspek kemampuan klinik, baik pada saat ditahap akademik maupun ditahap profesi guna meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan yang akan diberikan kepada klien nantinya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKemampuan Klinik Mahasiswaen_US
dc.subjectProfesi Nersen_US
dc.titleEVALUASI KEMAMPUAN KLINIK MAHASISWA PROFESI NERS UNIVERSITAS JEMBER TAHUN AKADEMIK 2014/2015en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record