dc.description.abstract | Toko Fazira sebagai toko yang mempunyai segmen pasar islam perempuan.
Mulai dari kerudung, busana, dan gamis telah menyediakan busana muslim yang
sesuai dengan model masa kini. Sistem penjualan, toko Fazira sampai saat ini masih
menggunakan sistem konvensional dimana pelanggan harus datang ke toko untuk
melihat produk yang dijual dan melakukan transaksi di tempat. Kegiatan tersebut
akan memakan waktu dan biaya bagi pelanggan yang dari luar kota. Tingginya
persaingan dalam bisnis penjualan busana muslim mendorong toko Fazira untuk
memperluas pangsa pasar.
Pelanggan toko Fazira biasanya akan dihadapkan dengan permasalahan
banyaknya pilihan item busana muslim yang ada. Sebelum pelanggan datang ke toko
Fazira terlebih dahulu pelanggan mempunyai pilihan terhadap suatu item yang
dicarinya. Ada juga pelanggan yang datang tanpa adanya tujuan item busana muslim
yang akan dicarinya. Pelanggan yang belum ada pilihan tersebut akan mengalami
kesulitan dalam mengambil keputusan memilih busana muslim dengan banyaknya
item yang ada. Diperlukan suatu rekomendasi baik itu dari pelanggan maupun dari
sistem yang ada.
Permasalahan yang terjadi pada toko Fazira menjadikan pihak manajemen
toko Fazira harus mengambil langkah baru yang tepat. Langkah tersebut adalah
dengan membangun sebuah sistem informasi penjualan onlline atau lebih dikenal
dengan sebutan e-commerce yang menerapkan sistem rekomendasi.
Sistem akan merekomendasikan item-item tertentu pada user yang melakukan
pembelian. Hasil rekomendasinya hanya dikhususkan untuk user dan memungkinkan
user mendapatkan rekomendasi busana yang tepat. Metode yang digunakan dalam penerapan sistem rekomendasi tersebut adalah Weighted Product. Metode tersebut
merupakan metode yang digunakan untuk merekomendasikan item berdasarkan
kesesuaian antara kerudung dengan busana dan selanjutnya dilakukan perankingan
untuk mendapatkan rekomendasi terbaik untuk user.
Pemilihan busana muslim misalnya, ketika pelanggan memilih busana biasanya
mereka juga akan memilih kerudung sebagai pasangan busana tersebut. Pemilihan
tersebut berdasarkan kriteria kesesuaian antara busana dengan kerudung. Alasan
inilah yang menjadikan Weighted Product sebagai metode dalam penerapan sistem
rekomendasi pada e-commerce busana muslim Fazira. | en_US |