Show simple item record

dc.contributor.advisorAstuti, Ida Srisurani Wiji
dc.contributor.advisorSugiyanta
dc.contributor.authorPutri, Kunthi Kencana Makayasa
dc.date.accessioned2016-01-28T04:31:21Z
dc.date.available2016-01-28T04:31:21Z
dc.date.issued2016-01-28
dc.identifier.nim122010101002
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/72733
dc.description.abstractKualitas pelayanan bisa diartikan sebagai ukuran seberapa bagus tingkat layanan yang diberikan mampu sesuai dengan harapan pengguna layanan. Kualitas pelayanan terdapat lima dimensi yaitu reliability, empathy, assurance, responsiveness, dan tangiable. Pelayanan di Poli KIA/KB meliputi pelayanan ibu hamil, ibu melahirkan, ibu menyusui, bayi, balita, dan anak prasekolah. Derajat kesehatan ibu dan anak adalah faktor penting dalam pembangunan bangsa. Sebagai tolak ukur keberhasilan kesehatan ibu dan anak, maka indikator terpenting untuk menilai kualitas pelayanan adalah dengan melihat Angka kematian ibu dan bayi di wilayah tersebut. Di Jember kasus kematian ibu dan bayi cukup tinggi dan salah satu faktor penyebab masih tingginya AKI dan AKB di Jember adalah kualitas pelayanan yang masih belum optimal, khususnya pelayanan antenatal. Puskesmas Jember Kidul adalah puskesmas dengan AKI dan AKB yang tergolong rendah, sedangkan Puskesmas Sukowono termasuk puskesmas dengan AKI dan AKB yang tergolong tinggi. Oleh karena itu, diperlukan kajian mengenai kualitas pelayanan di Puskesmas Kabupaten Jember, khususnya Puskesmas Jember Kidul dan Puskesmas Sukowono. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan Poli KIA/KB dengan derajat kesehatan ibu dan anak di Puskesmas Kabupaten Jember. Penelitian ini dilakukan di Poli KIA/KB Puskesmas Jember Kidul dan Puskesmas Sukowono dengan menggunakan metode kuantitatif dan jenis penelitian analitik observasional dengan desain cross sectional. Teknik pengambilan sampel dengan metode consecutive sampling dan jumlah respondennya 144 orang. Sumber data yang digunakan adalah data primer untuk mengetahui kualitas pelayanan dengan menggunakan kuesioner dan data sekunder untuk mengetahui jumlah kematian ibu dan bayi guna menilai derajat kesehatan ibu dan anak. Data tersebut di uji normalitasnya menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dengan hasil signifikansi (p=0,000) dan uji Spearman’s Rho dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,690. Berdasarkan hasil penelitian, skor kualitas pelayanan Poli KIA/KB Puskesmas Jember Kidul sebesar 81,11, artinya masuk dalam kategori baik, dan skor kualitas pelayanan Poli KIA/KB Puskesmas Sukowono sebesar 60,60, artinya masuk dalam kategori cukup baik . Sedangkan derajat kesehatan ibu dan anak di Puskesmas Jember Kidul termasuk tinggi dan derajat kesehatan ibu dan anak di Puskesmas Sukowono termasuk rendah. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kualitas pelayan Poli KIA/KB dengan derajat kesehatan ibu dan anak di Puskesmas Kabupaten Jember dengan korelasi kuat.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKUALITAS PELAYANANen_US
dc.subjectDERAJAT KESEHATANen_US
dc.titleHUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN POLI KIA/KB DENGAN DERAJAT KESEHATAN IBU DAN ANAK DI PUSKESMAS KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record