dc.contributor.advisor | Slamin | |
dc.contributor.advisor | Retnani, Windi Eka Yulia | |
dc.contributor.author | Alfiraningrum, Adinda Trisna | |
dc.date.accessioned | 2016-01-28T04:25:35Z | |
dc.date.available | 2016-01-28T04:25:35Z | |
dc.date.issued | 2016-01-28 | |
dc.identifier.nim | 112410101027 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/72726 | |
dc.description.abstract | Persaingan antar kompetitor yang bergerak di bidang pengiriman barang melalui
kereta api secara tidak langsung menuntut para pesaing bisnis dan penyedia jasa untuk
selalu menciptakan inovasi baru agar menjadi lebih unggul. Pelanggan merupakan
salah satu aset perusahaan yang harus dikelola dengan baik agar tidak pindah ke
kompetitor lain. Salah satu cara mempertahankan pelanggan adalah dengan
memberikan pelayanan khusus pada tingkatan pelanggan tertentu. Berdasarkan
permasalahan tersebut, maka dibutuhkan sebuah sistem informasi yang dapat
merekomendasikan perubahan status pelanggan dan saran berdasarkan track record
transaksi pelanggan secara akurat sehingga dapat membantu perusahaan untuk
memberikan pelayanan dengan lebih tepat dan efisien.
Prediksi rekomendasi perubahan status pelanggan yang diterapkan dalam sistem
ini menggunakan analisis RFM (Recency, Frequency dan Monetary) dan Data Mining
Classification Algoritma C4.5. Model prediksi tersebut akan menentukan kelas suatu
pelanggan dan memberikan prediksi. Perhitungan prediksi tersebut menggunakan
Algoritma C4.5 yang menghasilkan rule untuk selanjutnya digunakan sebagai dasar
prediksi. Hasil dari penelitian ini adalah prediksi rekomendasi suatu pelanggan
berdasarkan pola track record transaksi pelanggan sebelumnya. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | REKOMENDASI PERUBAHAN STATUS PELANGGAN | en_US |
dc.title | SISTEM INFORMASI REKOMENDASI PERUBAHASAN STATUS PELANGGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 (Studi Kasus: PT. Herona Express Jember) | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |