dc.description.abstract | Knapsack merupakan suatu permasalahan bagaimana memilih objek dari
sekian banyak objek dengan batasan objek tersebut sama atau lebih kecil dari
kapasitas media penyimpannya sehingga diperoleh suatu penyimpanan yang optimal.
Knapsack dapat diilustrasikan sebagai suatu kantong atau media penyimpanan.
Perkembangan teknologi saat ini memungkinkan pencarian solusi optimal tersebut
dilakukan oleh aplikasi komputer karena keterbatasan manusia untuk menyelesaikan
masalah knapsack. Masalah knapsack dapat dilakukan dengan berbagai macam
algoritma, diantaranya adalah menggunakan algoritma Dynamic Programming dan
algoritma Backtracking. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelesaikan masalah
Multiple Constraints Knapsack Problem (MCKP) 0-1 menggunakan algoritma
Dynamic Programming dan algoritma Backtracking dan membandingkan kedua
algoritma tersebut.
Penelitian ini dilakukan di industri Usaha Dagang (UD) Indo Handicraft yang
terletak di Jalan Raya Tamanan, Desa Grujugan Kidul, Kecamatan Grujugan,
Kabupaten Bondowoso. Pengambilan data dilakukan dengan metode wawancara dan
data yang diambil berupa data harga beli per paket, harga jual per paket, dan berat
barang per paket. Untuk menerapkan data tersebut dilakukan pengidentifikasian
untuk mencari keuntungan (𝑝𝑗 ). Tujuan dari peneliti adalah untuk mencari
keuntungan maksimum di UD Indo Handicraft pada permasalahan Multiple
Constraints Knapsack Problem (MCKP) 0-1 menggunakan algoritma Dynamic
Programming dan algoritma Backtracking. Berdasarkan hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa setelah dilakukan
pemilihan barang yang dibeli oleh UD Indo Handicraft, didapatkan keuntungan
maksimum menggunakan algoritma Dynamic Programming adalah sebesar Rp.
2.238.000,- dengan berat maksimum 228 kg dan modal maksimum Rp. 6.578.000,-
dengan waktu proses 29,2586 detik. Pada algoritma Backtracking diperoleh
keuntungan maksimum sebesar Rp. 2.238.000,- dengan berat maksimum 228 kg dan
modal maksimum Rp. 6.578.000,- dengan waktu proses 1119,8306 detik. Dari hasil
kedua algoritma di atas dapat disimpulkan bahwa algoritma Dynamic Programming
dan algortima Backtracking menghasilkan keuntungan yang sama, tetapi dalam segi
lama waktu program dijalankan (running time), algoritma Dynamic Programming
membutuhkan waktu yang lebih singkat daripada algoritma Backtracking. Dengan
kata lain, algoritma Dynamic Programming lebih efektif dan efisien untuk
menyelesaikan permasalahan Multiple Constraints Knapsack 0-1. | en_US |