dc.description.abstract | Yudhy Prasetyo Utomo, 77 halaman Mengenai “Analisis Positioning Jasa
PT.Telkomsel berdasarkan Skala Prioritas kepentingan Pelanggan dan Calon
Pelanggan di Kabupaten Jember “. Bertujuan menganalisis positioning produk
Telkomsel ditinjau dari atribut-atribut yang ditawarkan kepada pelanggan serta
dapat menganalisis perbedaan antara pelanggan dan calon pelanggan untuk
menentukan atribut-atribut yang dianggap perlu melalui produk jasa komunikas
PT. Telkomsel.
Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak
sembilan puluh empat responden. Data diperoleh dari penyebaran kuisioner
kepada pelanggan. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik accidental
sampling.
Metode Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
menentukan Skala prioritas Atribut, Mean Skor Atribut, Posisi Atribut dan Chi
Square Test.
Hasil prhitungan chi square, pelanggan dan calon pelanggan memiliki kesamaan
untuk memilih atribut-atribut yang dianggap penting dalam memilih jasa
komunikasi. Meskipun demikian pelanggan dan calon pelanggan memiliki
perbedaan dalam memberikan kesamaan dalam memberikan penilaian prioritas
pertimbangan bagi tiap-tiap atribut.
Hasil pengujian hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh pada
variabel marketing mix yaitu merek, tingkat harga, tempat , promosi, orang,
proses, bukti fisik terhadap keputusan konsumen untuk membeli produk jasa PT.
Telkomsel Jember secara simultan terbukti kebenaranya. Hai ini dibuktikan
dengan hasil perhitungan pada table nilai posisi atribut, yaitu menempatkan
atribut jasa produk yang paling dipentingkan oleh pelanggan dan calon pelanggan
(pelanggan potensial)hal ini dapat dibuktikan dari nilai analisis frekuensi
observasi (fo) dan frekuensi harapan (fh), dimana nilai analisis jasa produk yang
terbesar diantara variabel atribut yang lainya. | en_US |