Show simple item record

dc.contributor.advisorSimamora, Roymond H.
dc.contributor.advisorPurwandari, Retno
dc.contributor.authorAji, Yohanes Gamayana Trimawang
dc.date.accessioned2016-01-27T08:09:41Z
dc.date.available2016-01-27T08:09:41Z
dc.date.issued2016-01-27
dc.identifier.nim062310101015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/72634
dc.description.abstractMutu pelayanan kesehatan di rumah sakit sangat berkaitan dengan mutu pelayanan keperawatan yang dilakukan perawatnya. Hal ini dikarenakan perawat merupakan jumlah tenaga dominan dari seluruh tenaga yang ada di rumah sakit. Rumah Sakit Daerah dr. Soebandi Jember meningkatkan mutu pelayanan keperawatan dengan mengacu pada standar pelayanan rumah sakit dan standar asuhan keperawatan. Dimensi dari mutu pelayanan keperawatan dibagi menjadi lima yaitu reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangibles. Dimensidimensi ini perlu diketahui sebagai dasar untuk menentukan tingkat kepuasan pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh mutu pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSD dr. Soebandi Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilaksanakan di ruang rawat inap dengan teknik pengambilan sampel quota purposive sampling yaitu sebanyak 72 pasien. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisis yang digunakan yaitu uji statistik regresi berganda, uji t dan uji F. Pada hasil diperoleh kesimpulan bahwa mutu pelayanan keperawatan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pasien. Hal ini didasarkan pada uji annova dimana nilai F hitung sebesar 30,556 dan signifikansinya 0,0001. Dimensi yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pasien adalah dimensi assurance sebesar 0,288 dengan nilai t hitung 6,516 dan signifikansinya 0,0001.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMutu Pelayanan Keperawatanen_US
dc.subjectKepuasan Pasienen_US
dc.subjectPasien Rawat Inapen_US
dc.titlePENGARUH MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT DAERAH dr. SOEBANDI KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record