dc.contributor.advisor | Dimyati | |
dc.contributor.advisor | Endhiarto, Tatok | |
dc.contributor.author | Purnamasari, Suryanti Eka | |
dc.date.accessioned | 2016-01-27T02:34:13Z | |
dc.date.available | 2016-01-27T02:34:13Z | |
dc.date.issued | 2016-01-27 | |
dc.identifier.nim | 110810201058 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/72454 | |
dc.description.abstract | Relationship marketing merupakan strategi pemasaran yang diterapkan
untuk mempertahankan konsumen yang sudah ada dan dapat menarik konsumen
baru. Penerapan relationship marketing pada sebuah perusahaan maka dapat
menimbulkan rasa puas dihati konsumen sehingga konsumen loyal pada
perusahaan. Salah satu rumah sakit swasta di kabupaten Banyuwangi yaitu rumah
sakit Nahdlatul Ulama Banyuwangi menerapakan strategi relationship marketing
untuk mempertahankan konsumennya dan untuk mencari konsumen baru. Rumah
sakit ini berdiri sejak tahun 1997 namun mulai beroperasi pada tahun 2000. Pada
awal berdiri rumah sakit Nahdlatul ulama Banyuwangi mengalami pertumbuhan
yang sangat lambat dikarenakan kurang mendapat dukungan dari pemerintah
daerah dan kurangnya sumber daya manusia. Diusia yang ke tujuh belas tahun
rumah sakit Nahdlatul Ulama Banyuwangi mengalami kemajuan yang cukup baik
dan jumlah pasien terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada penelitian ini
bertujuan mengetahui pengaruh relationship marketing terhadap kepuasan pasien,
pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas pasien, pengaruh kepuasan
terhadap loyalitas pasien, dan peranan kepuasan dalam memediasi pengaruh
relationship marketing terhadap loyalitas pasien.
Penelitian ini merupakan penelitian yang menguji pengaruh dan
membandingkan peranan pengaruh langsung (relationship marketing terhadap
loyalitas) dan pengaruh tidak langsung (relationship marketing terhadap loyalitas
melalui kepuasan). Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rumah sakit
Nahdlatul Ulama Banyuwangi mulai tahun 2012 sampai tahun 2014. Sampel
penelitian ini sebanyak 110 dengan teknik pengambilan sampel purposive
sampling. Kriteria pasien yang dapat dijadikan sampel adalah usia diatas 17 tahun
dan pernah menggunakan rumah sakit NU minimal dua kali. Metode analisis yang
digunakan adalah structural equation model (SEM).
Penelitian ini memperoleh hasil dan kesimpulan bahwa relationship
marketing mempunyai peranan yang besar dalam mempengaruhi loyalitas pasien
sehingga rumah sakit Nahdaltul Ulama Banyuwangi harus mempertahankan dan
meningkatkan relationship marketing untuk mepertahankan loyalitas pasiennya. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | Relationship Marketing | en_US |
dc.subject | Kepuasan dalam Memediasi | en_US |
dc.subject | Loyalitas Pasien | en_US |
dc.subject | Rumah Sakit Nahdlatul Ulama Banyuwangi | en_US |
dc.title | PERANAN KEPUASAN DALAM MEMEDIASI PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PASIEN RUMAH SAKIT NAHDLATUL ULAMA BANYUWANGI | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |