• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    KENDALI KECEPATAN BRUSHLESS DIRECT CURRENT MOTOR MENGGUNAKAN BACK-EMF ZERO CROSSING DENGAN METODE SIX STEP COMMUTATION

    Thumbnail
    View/Open
    Gali Ganatama cover 123.pdf (1.776Mb)
    Date
    2016-01-26
    Author
    Ganatama, Gali
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Di tengah krisisnya minyak dunia, teknologi transportasi semakin berkembang menuju penggunaan energi yang ramah lingkungan seperti mobil listrik. Secara umum mobil listrik menggunakan motor jenis brushless direct current (BLDC) yang memerlukan hall sensor sebagai sensor pendeteksi posisi motor untuk melakukan proses pengendalian kecepatan motor. Pengendalian motor pada mobil listrik umumnya menggunakan six step commutation. Penggunaan hall sensor ini seringkali menjadi masalah dalam proses commutation karena rusak dan perlu usaha lebih dalam menggantinya dengan hall sensor yang baru karena letaknya di dalam motor. Oleh karena itu rangkaian back-emf zero crossing dipakai menggantikan hall sensor untuk meminimalkan kekurangan penggunaan hall sensor. Proses pengendalian motor BLDC ini menggunakan metode yang sama yaitu six step commutation yang diprogram menggunakan mikrokontroler serta menggunakan inverter dengan parallel mosfet serta untuk kendali kecepatan motor menggunakan PWM analog. Dari penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa dengan parameter yang sama range kecepatan menggunakan back-emf zero crossing lebih rendah dari pada hall sensor yaitu dari 41.5 rmp s/d 113.1 rpm, sedangkan pada hall sensor 28.4 rpm s/d 119.4 rpm. Sehingga penggunaan hall sensor masih dianggap lebih baik dari pada penggunaan back-emf zero crossing dalam segi kecepatan. Oleh karena back-emf zero crossing lebih mudah pemeliharaannya, perlu adanya penelitian lebih lanjut tentang back-emf zero crossing untuk memaksimalkan kecepatan motor
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/72352
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4216]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository