dc.description.abstract | Peda hakekatnya, tujuan utama didirikannya perusahaan adalah untuk
rnendapatkan keuntungan yang optimal sebab keuntungan merupakan faktor yang
dominan untuk kelangsungan hidup perusahaan, Perusahaan harus dapat menjalankan
fungsi operasionalnya dengan baik untuk mendapatkan keuntungan tersebut.
Fungsi operasional itu antara lain: funggsi produksi, funggsi pembelanjaan, fungsi
sumber daya manusia, fungsi pemasaran, dan fungsi akuntansi, Kelima fungsi itu
merupakan satu kesatuan yang utuh yang menunjang perjalanan hidup perusahaan. Oleh
karena itu fungsi yang satu dengan yang lain tidak dapat dipisahkan.
Pemasaran yang merupakan salah satu unsur fungsi operasional perusahaan
mempunyai peranan yang tidak kalah pentingnya dengan fungsi-fungsi yang lain. Oleh
karena itu pemasaran menjadi salah sam aktivitas yang penting sebagai ujung tombak
perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan. Falsafah konsep pemasaran yang
bertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan konsumen hams
mulai diterapakan oleh setiap perusahaan, Kegiatan pemasaran yang mencakup usaha
rnerencanakan dan rnenentukan kebijakaksanaan mengenai produk, penentnan harga,
promosi dan kegiatan distribusi harus diarahkan untnk mencapai tujuan tersebut,
Keberhasilan perusahaan claps! dilihat pada koberhasilannya di bidang
pemasaran. Keberhasilan di bidang pemasaran ini terlihat pada besamya volume
penjualan yang dicapai perusahaan.Makin besar volume penjualan yang dicapai oleh
perusahaan memmjukkan bahwa konsumsn atau langganan yang yang diperoleh makin
banyak. Hal ini berarti usaha yang dilakukan juga semakin mengunnmgkan dan profit
yang didapat juga sernakin besar, sehingga akan memperbesar kemampuan perusahaan
untuk berkembang dan dimasa yang akan datang akan memperkuat posisi perusahaan. | en_US |