dc.description.abstract | Setiap perusahaan selalu memakai saluran distribusi dalam memasarkan
produknya baik saluran distribusi langsung maupun tidak langsung. Hal ini tidak
terlepas dari motivasi perusabaan untuk mendapatkan keuntungan yang diharapkan.
Permasalahan dalam penelitian ini adaJab mana1cab dari kedua salman
distribusi yang dipakai oleh Perusahaan Limun Bandung dapat meningkatkan
penjualan dengan resiko yang paling minjmal ? Dalam hal ini Perusahaan Limrm
Bandung memakai dua saluran distribusi yaitu : Produsen - Pedagang Besar Pengecer
- Konsumen dan Produsen - Pengecer - Konsumen.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi saluran distribusi yang
telah dipakai oleh Perusahaan Limun Bandung serta untuk memilih saluran distribusi
yang tepat sehingga meminimalkan resiko penjualan.
Kegiatan penelitian ini dilaksanakan selama 1 bulan yaitu pada bulan Maret
\...-
ABSTRAKSI
tahun 2000. Penelitian ini merupakan penelitian survey yaitu suatu metode formal
untuk memperoleh data dari iriforman dengan melalrukan wawancara langsung ke
Perusahaan Limun Bandung di Jember. Untuk menentukan tingkat kecepatan
perputaran investasi tersebut dapat kembali digunakan Analisis Return On
Investment. Sedangkan untuk menentukan tingkat resiko yang dihadapi oleh setiap
saluran distribusi digunakan Analisis Coeficient of Variation.
Dari basil analisa data dapat disimpulkan bahwa saluran distribusi yang dapat
meningkatkan penjualan dengan resiko yang paling minimal adalah. saluran distribusi
dari Produsen - Pedagang Besar - Pengecer - Konsumen. Dengan tingkat perputaran
investasi sebesar 60,812% dan beban resiko yang paling kecil sebesar 25,4()o/c,.
Sedangkan saluran distribusi dari Produsen - Pengecer - Konsumen menunjukkan
tingkat perputaran invcstasi sebesar 54,556% dengan beban resiko sebesar 25,84%. | en_US |