• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Pharmacy
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Pharmacy
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP TERHADAP PELAYANAN RESEP DI INSTALASI FARMASI RSD dr. SOEBANDI JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Restu Widayu_1.pdf (643.0Kb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    Restu Widayu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kesehatan merupakan hak asasi manusia, karena itu setiap orang mempunyai hak untuk hidup layak, baik dalam kesehatan pribadi maupun keluarganya termasuk didalamnya mendapatkan pelayanan kesehatan. Dua macam tindakan yang seringkali dilakukan manusia ketika mengalami gangguan kesehatan yaitu pergi ke dokter atau pelaku kesehatan dan melakukan swamedikasi. Mutu pelayanan kesehatan akan menjadi lebih baik kalau masing-masing profesi kesehatan memberikan pelayanannya kepada pasien didasarkan pada standar profesi, etika dan norma masing-masing. Menurut undang-undang, pihak yang mempunyai kewenangan untuk menyelenggarakan pelayanan kefarmasian adalah farmasis. Paradigma pelayanan farmasi yang sekarang berkembang adalah pelayanan kefarmasian yang didasarkan pada filosofi “pharmaceutical care”, asuhan kefarmasian adalah tanggung jawab profesi dalam hal farmakoterapi dengan tujuan untuk mencapai keluaran yang dapat meningkatakan atau menjaga kualitas hidup pasien. Kepuasan pasien atau disebut sebagai kepuasan pelanggan (customer satisfaction) dapat diukur dengan menggunakan lima dimensi penilaian yaitu bukti langsung (tangibles) yang dalam hal ini adalah meliputi kebersihan dan kenyaman ruang tunggu, ketanggapan (responsiveness) yang dalam hal ini adalah pelayanan kepada pasien dengan cepat dan tepat, kehandalan (reliability) yang dalam hal ini adalah pemberian informasi obat, jaminan (assurance) yang meliputi kemampuan memberikan kepercayaan dan kebenaran atas pelayan kepada pasien serta mencakup kelengkapan dan keterjangkuan harga obat, empati (empathy) yaitu kemampuan membina hubungan, yang dalam hal ini ditunjukkan oleh keramahan petugas apotek
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7165
    Collections
    • UT-Faculty of Pharmacy [1514]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository