dc.description.abstract | Pelayanan bagi perusahaan jasa adalah hal penting yang harus diperhatikan,
kesan baik atau buruknya suatu pelayanan jasa dapat dilihat dari segi kinerja para
karyawan dan jasa yang dihasilkan. Antrian adalah salah satu masalah kurang
optimalnya pelayanan dari segi kinerja para karyawan. Penggunaan model antrian
dapat membantu pihak manajemen dalam menentukan jumlah kasir yang optimal
pada Supermarket Roxy Square Jember supaya masalah antrian dapat dikurangi pada
saat ramai dan mengurangi waktu menganggur pada kasir sehingga pihak
Supermarket Roxy Square Jember dapat memberikan kinerja yang optimal dalam
pelayanan.
Dalam penelitian ini digunakan analisis sistem antrian jalur berganda
(M/M/S). Proses perhitungan data menggunakan program Exel. Berdasarkan hasil
penelitian bahwa diketahui kinerja sistem antrian yang ada kurang optimal karena
mempunyai tingkat kegunaan fasilitas yang rendah untuk kondisi sepi (jam 10.00-
12.00) banyaknya kasir optimal yang harus dibuka adalah 5 unit kasir dari 6 unit
kasir, sedangkan Pada kondisi normal (jam 14.00-16.00) banyaknya kasir optimal
yang harus dibuka adalah 7 unit kasir dari 6 unit kasir, dan Pada kondisi ramai (jam
18.00-21.00) banyaknya kasir optimal yang harus dibuka adalah 13 unit kasir dari 10
unit kasir. | en_US |