Show simple item record

dc.contributor.advisorHandriyono
dc.contributor.advisorWahyono, Hadi
dc.contributor.authorWulandari, Dwi
dc.date.accessioned2016-01-18T04:33:01Z
dc.date.available2016-01-18T04:33:01Z
dc.date.issued2016-01-18
dc.identifier.nim100810201016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71577
dc.description.abstractPelayanan bagi perusahaan jasa adalah hal penting yang harus diperhatikan, kesan baik atau buruknya suatu pelayanan jasa dapat dilihat dari segi kinerja para karyawan dan jasa yang dihasilkan. Antrian adalah salah satu masalah kurang optimalnya pelayanan dari segi kinerja para karyawan. Penggunaan model antrian dapat membantu pihak manajemen dalam menentukan jumlah kasir yang optimal pada Supermarket Roxy Square Jember supaya masalah antrian dapat dikurangi pada saat ramai dan mengurangi waktu menganggur pada kasir sehingga pihak Supermarket Roxy Square Jember dapat memberikan kinerja yang optimal dalam pelayanan. Dalam penelitian ini digunakan analisis sistem antrian jalur berganda (M/M/S). Proses perhitungan data menggunakan program Exel. Berdasarkan hasil penelitian bahwa diketahui kinerja sistem antrian yang ada kurang optimal karena mempunyai tingkat kegunaan fasilitas yang rendah untuk kondisi sepi (jam 10.00- 12.00) banyaknya kasir optimal yang harus dibuka adalah 5 unit kasir dari 6 unit kasir, sedangkan Pada kondisi normal (jam 14.00-16.00) banyaknya kasir optimal yang harus dibuka adalah 7 unit kasir dari 6 unit kasir, dan Pada kondisi ramai (jam 18.00-21.00) banyaknya kasir optimal yang harus dibuka adalah 13 unit kasir dari 10 unit kasir.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKasiren_US
dc.subjectTeori Antrianen_US
dc.subjectModel antrian jalur berganda (M/M/S)en_US
dc.subjectPengoptimalan Pelayananen_US
dc.titleANALISIS PENERAPAN TEORI ANTRIAN PADA SUPERMARKET ROXY SQUARE–MANDIRI LAND DI JALAN HAYAM WURUK JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record