• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Jasa Wisata Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Wisatawan Pada Obyek Wisata Bromo Probolinggo

    Thumbnail
    View/Open
    Fredy Vidianto - 110810201247_Part1.pdf (1.153Mb)
    Date
    2016-01-13
    Author
    Vidianto, Fredy
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini berjudul “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Jasa Wisata Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Wisatawan Pada Obyek Wisata Bromo Probolinggo”. Penelitian ini adalah bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan yang terdiri dari dimensi keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik terhadap loyalitas melalui kepuasan wisatawan pada Obyek Wisata Gunung Bromo Probolinggo. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan domestik Obyek Wisata Gunung Bromo Probolinggo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuisioner pada responden yang merupakan pengunjung Obyek Wisata Bromo Probolinggo yang paling sedikit pernah bekunjung sebanyak 2 kali mulai dari kunjungan tahun 2011. Variabel yang digunakan sebanyak 3 variabel yaitu kualitas layanan sebagai variabel independen, kepuasan sebagai variabel intervening, dan loyalitas sebagai variabel dependen. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Jalur untuk mengetahui pengaruh kinerja jasa yang dipersepsikan wisatawan terhadap kepuasan dan loyalitas wisatawan. Uji validitas, uji reliabilitas, dan asumsi klasik dilakukan sebelum melakukan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kualitas layanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan wisatawan pada Obyek Wisata Bromo Probolinggo; 2) Kualitas layanan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas wisatawan pada Obyek Wisata Bromo Probolinggo; 3) Kepuasan wisatawan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas wisatawan pada Obyek Wisata Bromo Probolinggo. Kesimpulannya bahwa persepsi wisatawan atas kualitas layanan jasa wisata berpengaruh positif terhadap kepuasan dan loyalitas wisatawan pada Obyek Wisata Bromo Probolinggo.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71321
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12462]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository