Show simple item record

dc.contributor.advisorSumani
dc.contributor.authorAliftaufikaningsih, Vidya Suci
dc.date.accessioned2016-01-13T04:31:20Z
dc.date.available2016-01-13T04:31:20Z
dc.date.issued2016-01-13
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71305
dc.description.abstractUnderpricing adalah keadaan dimana penawaran harga saham pada pasar perdana lebih rendah daripada harga saham di pasar sekunder. Harga saham pada pasar perdana ditentukan oleh kesepakatan prediksi antara penjamin emisi (underwriter) dan pihak perusahaan (emiten), tentunya dilihat dari prospektus yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Sedangkan harga pada pasar sekunder ditentukan oleh seberapa besar minat para investor terhadap saham perusahaan tersebut. Underpricing dapat terjadi apabila penjamin emisi (underwriter) dan emiten terlalu rendah menetapkan harga penawaran pada saat pasar perdana, sedangkan minat pasar terhadap saham tersebut cukup tinggi. Kondisi underpricing ini tidak menguntungkan bagi perusahaan yang go public karena dana yang diperoleh perusahaan tidak maksimal, sedangkan hal ini cukup menguntungkan bagi para investor karena akan menyebabkan transfer kemakmuran dari pemilik kepada investor. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis beberapa faktor yang berpengaruh terhadap underpricing saham. Faktor-faktor tersebut adalah umur perusahaan, ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage dan reputasi underwriter. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder sebagai sumber data yang digunakan dan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Setelah mengalami seleksi dengan kriteria tertentu maka didapat 45 perusahaan di Bursa Efek Indonesia yang melakukan IPO pada tahun 2011-2014 sebagai anggota sampel penelitian. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Setelah dilakukan analisis regresi linier berganda maka dilakukan uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan tingkat signifikansi 10 % . Uji hipotesis terdiri atas uji t dan ix Uji F untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial umur perusahaan, ukuran perusahaan dan reputasi underwriter berpengaruh signifikan terhadap underpricing saham di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2014. Sedangkan profitabilitas dan leverage secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap underpricing saham di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2014. Selain itu secara simultan umur perusahaan, ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage dan reputasi underwriter berpengaruh signifikan terhadap underpricing saham di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2014.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectBURSA EFEKen_US
dc.titleDETERMINAN UNDERPRICING SAHAM DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2011-2014en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record