dc.description.abstract | Seiring dengan perkembangan zaman, kemajuan ilmu pengetahuan dan
teknologi perusahaan dituntut untuk lebih selektif dan inovatif dalam menentukan
bahan baku yang digunakan serta bagaimana proses memproduksinya,
penyimpanan, pengemasan, dan juga pendistribusiannya. Kebutuhan perempuan
untuk tampil cantik seperti yang diinginkannya menciptakan potensi pasar yang
besar. Saat ini banyak dan beragam produk kosmetik yang ditawarkan baik
berasal dari dalam maupun luar negeri, tentunya perempuan harus sangat jeli dan
teliti dalam memilih dan menentukan kosmetik apa yang mereka inginkan, dan
tentunya aman terutama bagikesehatan. Wardah adalah salah satu kosmetik halal
yang sudah mendapatkan ijin dari LPPOM MUI ( Lembaga Pengkajian Pangan
Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama ) komitmen puluhan tahun untuk
selalu mengedepankan kualitas dalam mendukung wanita tampil cantik sesuai
karakternya masing-masing. Peran utama dalam menentukan pilihan, terutama
kosmetik antara lain sosia,budaya, pribadi, dan psikologis berpengaruh terhadap
keputusan pembelian.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh faktor sosial, budaya
pribadi dan psikologi. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen kosmetik
wardah di Kabupaten Jember . Sampel yang dipilih sebanyak 105 yang berusia
minimal 17 tahun dan sudah mekai kosmetik wardah, diambil responden yang
tersebar di tiga kecamatan, yaitu kecamatan Sumbersari, Patrang, dan Kaliwates.
Teknik pengambilan sampelnya adalah dengan purposive sampling. Penelitian ini
adalah penelitian penjelasan (explanatori research) Metode analisis data
menggunakan Confirmatory Factor Analisis. Penelitian ini memperoleh hasil dan
kesimpulan bahwa faktor pribadi dan psikologi berpengaruh signifikan terhadap
terhadap keputusan pembelian kosmetik wardah di Kabupaten Jember. | en_US |