• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Agriculture And Agricultural Technology
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Agriculture And Agricultural Technology
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN KERIPIK SINGKONG RASA ASIN

    Thumbnail
    View/Open
    SOFIA NUR AINI.pdf (185.3Kb)
    Date
    2014
    Author
    Sofia Nur Aini
    Imam Syafi'i
    Ebban Bagus Kuntadi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keripik singkong merupakan salah satu hasil olahan singkong yang digemari masyarakat. Selain karena rasanya yang enak dan renyah, harganya juga terjangkau. Terdapat banyak agroindustri keripik singkong di Kabupaten Bondowoso. Keripik singkong yang banyak diproduksi di Kabupaten Bondowoso yaitu keripik singkong dengan varian rasa asin. Hal ini dikarenakan konsumen menyukai keripik singkong rasa asin, terbukti dengan tingginya volume penjualan dan permintaan konsumen terhadap keripik singkong rasa asin. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian keripik singkong rasa asin di Kabupaten Bondowoso, (2) mengetahui hubungan antara tingkat pendapatan konsumen dengan jumlah pembelian keripik singkong rasa asin di Kabupaten Bondowoso, dan (3) mengetahui perilaku konsumen keripik singkong rasa asin di Kabupaten Bondowoso. Penentuan daerah penelitian menggunakan purposive method. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, analitik dan korelasional. Metode pengambilan contoh menggunakan convinience sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, studi pustaka dan observasi. Jenis data yang digunakan yaitu meliputi data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu (1) analisis faktor, (2) analisis chi-square, dan (3) analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian keripik singkong rasa asin di Kabupaten Bondowoso yaitu faktor atribut produk dan pribadi, faktor sosial, serta faktor eksternal konsumen dan sumber informasi, (2) Terdapat hubungan nyata antara tingkat pendapatan konsumen dengan jumlah pembelian keripik singkong rasa asin di Kabupaten Bondowoso, dengan elastisitas pendapatan inelastis (Ep < 1), (3) Perilaku konsumen keripik singkong rasa asin ditinjau dari 2 aspek meliputi perilaku konsumen yang tampak (tangible) yaitu jumlah pembelian dan perilaku konsumen yang tidak tampak (intangible) yaitu persepsi konsumen terhadap keripik singkong rasa asin. Jumlah pembelian paling banyak yaitu 501 gram sd 1000 gram (jumlah pembelian tinggi) dengan total responden 40%, dan paling banyak responden atau 53,33% responden menyatakan keripik singkong rasa asin di Kabupaten Bondowoso bagus.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/70070
    Collections
    • SRA-Agriculture And Agricultural Technology [329]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository