dc.contributor.author | Resky Kristianti | |
dc.date.accessioned | 2013-12-10T01:27:45Z | |
dc.date.available | 2013-12-10T01:27:45Z | |
dc.date.issued | 2013-12-10 | |
dc.identifier.nim | NIM090810201047 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6999 | |
dc.description.abstract | ISO 9001:2008 merupakan suatu standar internasional untuk sistem
manajemen mutu / kualitas. Dalam perusahaan jasa, kualitas yang ditawarkan
kepada pelanggan sangat menentukan dalam mendapatkan pelanggan. Standart
kualitas yang diperlukan perlu diperhatikan oleh perusahaan jasa demi tercapainya
kualitas pelayanan yang optimal. Hal ini menuntut perusahaan untuk selalu
memperbaiki kualitas pelayanannya secara terus menerus. Untuk itu, Rumah Sakit
Perkebunan (Jember Klinik) membuktikan diri sebagai rumah sakit dengan
layanan prima yang meraih sertifikat ISO 9001:2008 pada tahun 2009 yang
dikeluarkan oleh NQA (National Quality Assurance).
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan Sistem
Manajemen Mutu ISO 9001:2008 di Rumah Sakit Perkebunan (Jember Klinik)
dan menganalisis kesesuaian persyaratan dalam Sistem Manajemen Mutu ISO
9001:2008 dengan apa yang telah diterapkan oleh Rumah Sakit Perkebunan
(Jember Klinik). Penelitian ini akan mendeskripsikan situasi dan kondisi atau
suatu kejadian di lapangan sehubungan dengan penerapan Sistem Manajemen
Mutu ISO 9001:2008 di lingkungan Rumah Sakit Perkebunan (Jember Klinik).
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data
diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan studi pustaka. Hasil dari kegiatan
tersebut mendasari penyusunan kuisioner guna menilai persepsi dan harapan
pelanggan terhadap pelayanan yang telah diberikan oleh Rumah Sakit Perkebunan
(Jember Klinik). Alat yang digunakan untuk mengolah data kuisioner adalah
metode servqual dengan bantuan perangkat lunak Microsoft Excel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan ISO 9001:2008 pada
Rumah Sakit Perkebunan (Jember Klinik) telah memenuhi seluruh klausul yang
dipersyaratkan dalam ISO 9001:2008 dan pelayanan yang diberikan kepada
pelanggan telah memenuhi standart. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan
survey kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan kepada pelanggan
Rumah Sakit Perkebunan (Jember Klinik) yang berdasarkan atas lima dimensi
mutu servqual bahwa dari 100 responden, sebanyak 37% diantaranya merasa
sangat puas dan 63% lainnya merasa puas terhadap pelayanan yang telah mereka
terima. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 090810201047; | |
dc.subject | Evaluasi Penerapan ISO 9001:2008 Dalam Meningkatkan Mutu Jasa Pelayanan Pasien Rumah Sakit Perkebunan (Jember Klinik | en_US |
dc.title | EVALUASI PENERAPAN ISO 9001:2008 DALAM MENINGKATKAN MUTU JASA PELAYANAN PASIEN PADA RUMAH SAKIT PERKEBUNAN (JEMBER KLINIK) | en_US |
dc.type | Other | en_US |