dc.description.abstract | Sebagai produk baru, informasi mengenai kepuasan konsumen sangat dibutuhkan untuk pengembangan mutu suatu produk. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengidentifikasi harapan konsumen, atribut-atribut produk, kepuasan konsumen roti manis, dan untuk menentukan strategi
pengembangan produk. Kuesioner diberikan kepada konsumen untuk memperoleh data yang dianalisis menggunakan metode Quality Function
Deployment (QFD). Hasil penelitian dapat dilihat dari rumah mutu sebagai gambaran harapan konsumen. Sedangkan strategi pengembangan mutu
roti manis berbahan baku MOCAF, kuesioner diberikan kepada ahli pangan menggunakan metode SWOT. Hasil penelitian menunjukkan
berdasarkan tingkat kepuasan konsumen, dari 6 atribut yaitu rasa, harga, bentuk, warna, ukuran dan teksture, atribut rasa dan tekstur tidak terpenuhi
oleh roti manis berbahan baku MOCAF. Pada aspek targetting, diketahui bahwa roti manis berbahan baku MOCAF harus memenuhi target dari
respon teknis seperti jumlah penambahan MOCAF untuk meningkatkan mutu roti manis berbahan baku MOCAF. Respon teknis lainya seperti
penambahan telur dan mentega serta penambahan gula dan susu bubuk untuk meningkatkan mutu rasa, masih belum tercapai oleh roti manis
berbahan baku MOCAF. Strategi yang tepat untuk pengembangan mutu rasa dan tekstur roti manis berbahan baku MOCAF menggunakan metode
SWOT adalah W-O yaitu dengan mengurangi penambahan MOCAF. | en_US |