• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Agriculture And Agricultural Technology
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Agriculture And Agricultural Technology
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERILAKU KONSUMEN GULA MERAH TEBU

    Thumbnail
    View/Open
    Ayu Estu Utami.pdf (154.9Kb)
    Date
    2015
    Author
    Ayu Estu Utami
    Triana Dewi Hapsari
    Sunarsih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kabupaten Jember merupakan salah satu daerah produsen tebu. Di kabupaten Jember, selain digunakan sebagai bahan baku gula pasir, tebu juga digunakan sebagai bahan baku gula merah tebu. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui karakteristik konsumen gula merah tebu, (2) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen gula merah tebu, (3) Mengetahui hubungan antara pendapatan dengan jumlah pembelian gula merah tebu. Penentuan daerah penelitian dilakukan dengan menggunakan metode secara sengaja (purposive method) di Kabupaten Jember dengan mengambil sampel di empat pasar tradiisional yaitu Pasar Tanjung, Pasar Arjjasa, Pasar Jenggawah, dan Pasar Bangsalsari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode dekriptif dan korelasional. Metode pengambilan contoh menggunakan Convinience Sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif, analisis faktor dan chi square. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Karakeristik konsuen gula merah tebu adalah perempuan (100%), berusia 42-53 tahun (43,75%), mayoritas responden berpendidikan tamat SMA (37,50%), bekerja sebagai ibu rumah tangga (39,58%), memiliki tingkat pendapatan keluarga rendah Rp. 950.000 - Rp. 1.484.000 (50,00%), jumlah pembelian gula merah tebu 100gr (52,08%) dan frekuensi pembelian gula merah tebu kurang dari atau sama dengan sama dengan dua (≤ 2) (87,50%), (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen gula merah tebu ada 2 (faktor) yaitu, faktor 1 meliputi, variabel pendidikan, variabel usia, variabel warna, variabel tekstur, variabel aroma, variabel rasa, variabel kebersihan, dan variabel kandungan gizi, dan faktor 2 meliputi variabel harga dan pendapatan, (3) Tidak ada hubungan nyata antara pendapatan dengan jumlah pembelian gula merah tebu.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/68948
    Collections
    • SRA-Agriculture And Agricultural Technology [329]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository