Show simple item record

dc.contributor.advisorHasanuddin, Akhmad
dc.contributor.advisorNurtanto, Dwi
dc.contributor.authorClasicadomi, Dixy
dc.date.accessioned2015-12-28T05:31:05Z
dc.date.available2015-12-28T05:31:05Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/68920
dc.description.abstractKota Jember secara geografis memiliki posisi yang sangat strategis dengan berbagai potensi sumber daya alam yang potensial. Daerah-daerah Jember yang sebagian besar dibatasi oleh sungai didirikan jembatan, baik yang modern maupun sederhana. Untuk jembatan sederhana banyak menggunakan jembatan yang material utamanya adalah bambu. Fungsi jembatan sendiri yakni sebagai prasarana yang melewatkan lalu lintas yang terputus akibat adanya sungai, selat, jalan, dan lain-lain. Berdasarkan kenyataan tersebut penelitian lebih lanjut dilakukan untuk membandingkan kekuatan tiga tipe jembatan rangka bambu, yaitu tipe Pratt, Parker , dan Browstring. Ketiga tipe jembatan rangka tersebut akan menerima beban yang sama sebesar 1 -4 ton, dan simulasi pembebanan menggunakan program analisa struktur. Setelah didapatkan hasil gayagaya dalam dihasilkan bahwa jembatan rangka Pratt dengan bentang 20m, lebar 5m dan tinggi 4 m merupakan rangka yang terkuat. Hal ini dibuktikan dengan diperolehnya nilai gaya aksial dan lendutan terkecil sebesar 0.024622 m, nilai ini lebih kecil dan masih berada di bawah nilai lendutan izin sebesar 0.025 m diantara Parker dan Bowstrig saat dibebani 4 ton. Untuk nilai tegangan tarik maksimum pada program analisa struktur didapat 139.442 kg/ cm2, nilai ini lebih kecil 54,12% dari hasil tegangan hancur rata-rata saat pengujian sebesar 303,9075 kg/ cm2. Sedangkan tegangan tekan maksimum dari program analisa struktur didapat 219.688 kg/ cm2, nilai ini lebih besar 26,16% dari hasil tegangan tekan rata-rata pada saat pengujian sebesar 174,134 kg/ cm2 sehingga apabila jembatan rangka Pratt diberi pembebanan melebihi 4 ton, rangka tersebut tidak bisa mendukung gaya aksial dan lendutan yang terjadi.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJ Pressen_US
dc.subjectJembatan Rangkaen_US
dc.subjectBambuen_US
dc.subjectTeganganen_US
dc.titlePERBANDINGAN KEKUATAN JEMBATAN RANGKA BAMBU TIPE PRATT, PARKER, DAN BROWSTRING DALAM MENERIMA BEBAN YANG SAMA DAN HASIL PENERAPANNYA PADA MATERIAL BAMBUen_US
dc.typeArticle in Magazineen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record