dc.description.abstract | Ekivalensi Mobil Penumpang (emp) adalah faktor konversi berbagai jenis kendaraan menjadi mobil
penumpang. Fungsi emp adalah menyeragamkan arus lalu lintas heterogen ke dalam arus lalu lintas
homogen. Besarnya nilai emp setiap jenis kendaraan berbeda untuk setiap ukuran, karena setiap ruas jalan
memiliki karakteristik lalu lintas dan kondisi geometri yang berbeda. Penelitian ini dilakukan untuk
mendapatkan nilai emp yang sesuai di ruas jalan lokasi studi. Pengumpulan data dilakukan secara primer
untuk mendapatkan data volume lalu lintas dan geometrik jalan. Metode analisa untuk mendapatkan nilai
emp menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil analisa nilai emp Jalan PB. Sudirman (2/2 UD)
diperoleh MC = 0,32 dan HV = 2,31, Jalan Ahmad Yani (3/1) diperoleh emp MC = 0,34 dan HV = 2,84.
Sedangkan berdasarkan MKJI 1997 untuk Jalan PB. Sudirman emp MC = 0,4 dan HV = 1,3, dan Jalan
Ahmad Yani diperoleh MC = 0,25 dan HV = 1,3. Terdapat perbedaan emp MC sebesar 11% dan HV sebesar
28% untuk Jalan PB sudirman, serta MC = 14% dan HV = 37% untuk Jalan Ahmad Yani. Sehingga pada
kondisi jam puncak pagi terjadi perbedaan nilai DS regresi lebih kecil jika dibandingkan dengan MKJI dan
perbedaannya sebesar 7% pada Jalan PB. Sudirman sedangkan terjadi perbedaan nilai DS lebih besar regresi
jika dibandingkan dengan MKJI dengan perbedaan sebesar 9% pada Jalan Ahmad Yani. | en_US |