| dc.description.abstract | Analisis Pengaruh Promotional Mix terhadap Hasil Penjualan pada PT. Coca Cola Amatil Indonesia di Surabaya, berkaitan dengan biaya-biaya promosi  yang  telah dikeluarkan  oleh perusahaan   tersebut, maka tujuan penelitian: untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel-variabel promotional mix terhadap hasil penjualan baik secara serentak maupun secara parsial serta untuk mengetahui variabel promosi  mana yang paling berpengaruh (dominan) terhadap hasil penjualan.  Penelitian dilaksanakan dalam kurun  waktu  Februari  2002 s/d Maret 2002 bertempat di lingkungan PT. Coca Cola Amatil Indonesia di Surabaya.
Penelitian ini menggunakan data hasil penjualan, biaya promosi media periklanan, personal selling dan promosi  penjualan. Metode pengumpulan data dalam penelitian survey ini adalah dengan observasi dan wawancara,  sedangkan metode  analisis data yang  digunakan adalah metode analisis   regresi linier berganda dan analisis metode simplex.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara bersama variabel periklanan, personal selling dan promosi penjualan berpengaruh besar sekali terhadap hasil penjualan. Sedangkan secara parsial promosi penjualan memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap hasil penjualan. Adapun kedua variabel lainnya yang diteliti memberikan pengaruh yang sedang terhadap hasil penjualan. Uji F untuk menguji koefisien secara bersama dan uji T untuk pengujian secara parsial menunjukkan   bahwa pengaruh-pengaruh tersebut signifikan (nyata) serta dari hasil  kombinasi biaya promotional mix melalui metode simplex dapat ditentukan hasil penjualan paling optimal.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara bersama ketiga variabel promosi yang diteliti memberikan   pengaruh yang besar dan nyata terhadap hasil penjualan, sedangkan secara parsial dapat diketahui bahwa variabel periklanan mempakan variabel yang paling berpengaruh  terhadap  hasil penjualan, maka dapat diberikan saran kepada PT. Coca Cola Amatil Indonesia  di Surabaya agar bisa mencapai hasil penjualan yang sebesar-besarnya harus dapat mempertahankan strategi periklanannya dan meningkatkan lagi  strategi  promosi penjualan dan personal sellingnya. | en_US |