| dc.description.abstract | Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk  rnengetahui tingkat efisiensi biaya  pemasaran dalam mencapai tingkat profit  yang tinggi bagi perusahaan. Penelitian ini dilaksanakan pada Perusahaan Tenun Elresas yang berlokasi di Lamongan, yang merupakan perusahaan yang bergerak dalam pembuatan tikar lipat dengan tiga ukuran, yaitu ukuran 3x2 m, ukuran 2x2 m, ukuran   2x1,5 m, dimana waktu penelitian dimulai  dan dilaksanakan pada bulan Maret  2002.
Penelitian ini menggunakan alat analisis metode  efisiensi biaya pemasaran, dengan membandingkan laba kotor dan biaya pemasaran yang terjadi dikalikan seratus  persen. Laba kotor  dapat diketahui dengan  menghitung volume penjualan serta biaya-biaya yang terjadi. Sedangkan biaya pemasaran merupakan biaya yang dikeluarkan selama produk selesai  diproduksi hingga barang siap dijual dan menghasilkan uang kembali. Rancangan  penelitian ini adalah metode survei, yaitu mengumpulkan data sekunder yang meliputi   data data-data historis perusahaan selama  kurun waktu lima tahun, mulai tahun l997 sampai dengan tahun 2001, yang diperoleh dengan dua metode pengumpulan data, yaitu: interview (wawancara) dengan pihak perusahaan (Pimpinan Umum) dan studi  kepustakaan (membaca buku-buku yang berkaitan  dengan penelitian  ini).
Berdasarkan perhitungan dalam analisis data,  diketahui rencana penjualan yang akan  datang mengalam peningkatan dari tahun  sebelumnya, hal ini juga menyebabkan laba bersih perusahaan  pada tahun yang akan  datang   juga mengalami peningkatan. Dari perhitungan metode analisis efisiensi biaya pemasaran, bahwa roduk yang  mempunyai tingkat efisiensi paling  tinggi yaitu produk yang mempunyai tingkat penjualan yang  tinggi  pula  dengan  biaya pemasaran  yang minim.
Berdasarkan hasil analisis data tersebut  dapat diperoleh kesimpulan bahwa untuk mencapai tingkat efisiensi yang optimal maka perusahaan harus meningkatkan volume penjualan dengan menekan biaya pemasaran yang seminimal  mungkin. | en_US |