• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KESUKSESAN PERLUASAN MEREK PADA BARANG KONSUMSI (CONSUMER GOODS) DAN BARANG TAHAN LAMA (DURABLE GOODS) Di Jember (Studi kasus pada merek ABC dan Samsung)

    Thumbnail
    View/Open
    Dinul Atiq 960810201287.pdf (75.71Mb)
    Date
    2015-12-23
    Author
    Atiq, Dinul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perluasan merek, yang menjadi fokus penelitian ini, menjadi fenomena menarik bagi perusahaan ketika mereka menghadapi kenyataan tingginya angka kegagalan dan besarnya biaya peluncuran produk baru. Perluasan merek menjadi strategi yang tepat ditengah ketatnya persaingan produk-produk baru. Penelitian yang dilakukan oleh Dinul Atiq, mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Jember, yang berjudul faktor-faktor yang mempengaruhi sikap konsumen pada perluasan merek barang konsumsi dan barang tahan lama bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel apa saja yang mempengaruhi penerimaan konsumen pada perluasan merek, sekaligus juga untuk menganalisis variabel manakah yang paling dominan mempengaruhi sikap konsumen pada perluasan merek. Penelitian yang dirancang sebagai penelitian penjelasan (explanatory) ini dilakukan selama kurun waktu 5 bulan di Kotatif Jember. Produk yang diteliti adalah mie instan ABC dan saribuah ABC untuk jenis barang konsumsi serta monitor Samsung dan ponsel Samsung untuk jenis barang tahan lama. Dalam pengumpulan data, peneliti langsung menemui responden yang sebelumnya ditanya apakah pernah menggunakan produk yang akan diteliti. Data yang terkumpul dari 80 responden diolah dengan menggunakan metode analisis data analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel reputasi merek, kecocokan dan inovasi konsume secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap sikap konsumen pada perluasan merek. Hal ini berlaku pada jenis barang konsumsi dan barang tahan lama. Sedangkan variabel yang paling dominan mempengaruhi sikap konsumen pada perluasan merek adalah reputasi merek. Hasil penelitian ini ternyata mendukung hasil penelitian Aaker dan Keller serta Hem, Leslie dan Inversen.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/68584
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12397]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository