PENERAPAN STRATEGI PETA KONSEP BERBANTU MEDIA
Abstract
Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPS.
Berdasarkan tujuan tersebut latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar pelajaran IPS siswa
kelas IV di SDN Tanggul Wetan 04 Jember. Salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS siswa
kelas IV SDN Tanggul Wetan 04 Jember adalah dengan menerapkan strategi peta konsep berbantu media audio visual.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan strategi peta konsep berbantu media audio visual
dapat meningkatkan motivasi siswa kelas IV pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi di SDN Tanggul
Wetan 04 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015?, serta bagaimanakah penerapan strategi peta konsep
berbantu media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan
perkembangan teknologi di SDN Tanggul Wetan 04 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015?. Jenis penelitian
ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan strategi peta konsep berbantu audio visual dapat
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tanggul Wetan 04 Jember
mengalami peningkatan. Motivasi siswa pra siklus sebesar 47,62 meningkat pada siklus I sebesar 59,38% meningkat lagi
menjadi 70,21% pada siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa sebesar 58,45 meningkat menjadi 71,35 pada siklus I. Ratarata
hasil belajar tersebut semakin meningkat lagi menjadi 80,28 pada siklus II.
Collections
- SRA-Education [1352]