• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model GI (Group Investigation) dengan Media

    Thumbnail
    View/Open
    RATNA SHINTA DEWI.pdf (265.0Kb)
    Date
    2015
    Author
    DEWI, Ratna Shinta
    WALUYO, Joko
    Pujiastuti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil observasi awal menunjukkan bahwa pembelajaran di kelas guru menggunakan metode konvensional yaitu ceramah. Metode ini menjadikan guru sebagai pusat pembelajaran sehingga siswa cenderung hanya mendengarkan tanpa adanya stimulus yang mendorong interaksi antar siswa dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran yang mampu mendorong siswa untuk berinteraksi dan aktif melakukan investigasi terhadap suatu topik serta dapat membentuk siswa untuk bekerja sama adalah model GI (Group Investigation) dengan media game puzzle. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan akademik skill dan hasil belajar biologi siswa menggunakan Pembelajaran Kooperatitif Model GI (Group Investigation) yang dilengkapi media game puzzle pada materi pokok bahasan Kingdom Fungi (Jamur) kelas X di SMA Negeri 1 Pakusari, Jember. Dalam penelitian ini analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis pada penelitian ini antara lain kemampuan akademik skill dan hasil belajar Biologi yang diperoleh dari hasil pembelajaran melalui penerapan GI (Group Investigation) dengan media game puzzle. Penilaian meliputi penilaian kemampuan akademik skill siswa, hasil belajar ranah kognitif, psikomotorik, dan afektif. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan model GI (Group Investigation) dapat meningkatkan academic skill dan hasil belajar siswa. Pada kecakapan academic skill untuk mengidentifikasi variabel mencapai nilai 83,33, menghubungkan variabel 78,66, mengajukan variabel 82,33, merancang percobaan 83,33, dan menarik kesimpulan 66,66. Hasil belajar ranah kognitif juga mengalami peningkatan dari rerata nilai 61,9 pada pra siklus mencapai nilai 70,89 pada siklus I dan 80,81 pada siklus II.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/68520
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository