Show simple item record

dc.contributor.advisorBevo Wahono
dc.contributor.advisorSuratno
dc.contributor.authorPutri Widya Mayangsari
dc.contributor.authorSuratno
dc.contributor.authorBevo Wahono
dc.date.accessioned2015-12-23T00:59:10Z
dc.date.available2015-12-23T00:59:10Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/68513
dc.description.abstractPembelajaran kooperatif merupakan pembelajaran mengutamakan interaksi dan diskusi untuk mengembangkan kemampuan berpikir siswa. Salah satu pembelajaran kooperatif adalah MURDER yang memiliki 6 langkah spesifik yaitu Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review. MURDER dikombinasikan dengan Flash agar membantu materi biologi yang diajarkan dapat bersifat konkrit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran MURDER berbasis media interactif flash terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, metakognisi dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Sampel dari kelas XI SMA Negeri 2 Jember adalah kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5. Kemampuan berpikir kritis siswa diukur dengan Lembar Diskusi Siswa (LDS). Kemampuan metakognisi siswa diukur dengan instrumen MAI (Metacognitive Awareness Inventory) yang dikembangkan oleh Schrew dan Dennison (1994). Data hasil belajar siswa diperoleh dari nilai pretest dan posttest. Analisis data pada kemampuan berpikir siswa diukur dengan Independent T-test sedangkan kemampuan metakognisi dan hasil belajar siswa diukur dengan Anakova pada SPSS 17.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa strategi pembelajaran MURDER berbasis media interaktif flash memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis, metakognisi dan hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Jemberen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectMURDERen_US
dc.subjectFlashen_US
dc.subjectBerpikir kritisen_US
dc.subjectMetakognisi,en_US
dc.subjectHasil belajar siswaen_US
dc.titlePengaruh Strategi Pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall,en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record