dc.description.abstract | Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui kontribusi laba dari masing-masing
saluran distribusi yang digunakan oleh perusahaan, untuk mengetahui tingkat resiko dan
masing-rnasing saluran distribusi dan untuk mengetahui saluran distribusi mana yang
sebaiknya dikembangkan untuk masa yang akan datang. Penelitian ini dilakukan di
UD.Mahabah Super di Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember, penelitian ini dilakukan
selama satu bulan.
Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian survei, dirnana penelitian survei
dianggap metode penelitian yang paling sesuai. Metode pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian survei ini adalah metode Interview (wawancara), Observasi
(pengarnatan), dan studi kepustakaan. Sedangkan jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder untuk mendukung hasil penelitian.
Dari hasil penghitungan ROI diatas saluran distribusi Produsen - Agen - Sub
Agen - Konsumen mempunyai rata-rata ROI sebesar 0.13 atau 13%, sedangkan saluran
distribusi Produsen - Agen - Pengecer - Konsumen mernpunyai rata-rata ROI sebesar
0.12 atau 12%, dan saluran distribusi Produsen - Pengecer - Konsumen mempunyai rata
rata ROT sebesar 0,15 atau 15%.
j adi sai uran distribusi Produsen - Pengecer - Konsumen mernpunyai rata-rata
ROT yang paling tinggi yaitu sebesar 0,15 atau 15% sedangkan saluran distribusi
Produsen - Agen -Pengecer - Konsumen mempunayi rata-rata ROl yang paling rendah
yaitu sebesar 0,12 atau 12%.
Dari perhitungan Coeficient a/Variation (CV) diatas saluran distribusi Produsen
Agen - SubAgen - Konsumen mempunyai CV sebesar 2,72% sedangkan sai uran
distribusi Produsen - Agen - Pengecer - Konsumen mempunyai CV sebesar 2,79% dan
saluran distrihusi Produsen - Pengecer - Konsumen mempunyai CV sebesar 2,71 %.
Jadi saluran distribust dari Produseu - Agen - Pengecer - Konsurnen merupuuyai
CV terbesar yaitu 2,79% yang berarti bahwa saluran distribusi ini mempunyai resiko
yang paling besar, sedangkan saluran distribusi dari Produsen - Pengecer - Konsumen
meuipunyai CV yang paling kecil yaitu sebesar 2,71 % yang berarti bahwa saluran
distribusi ini mempunayi resiko yang paling kecil.
Dari hasil evaluasi saluran distribusi yang digunakan pada perusahaan jamu
UD.Mahabah Super maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut berdasarkan kriteria
ekonomis ternyata saluran distribusi yang memberikan kontribusi laba yang paling tinggi
auaiah salut an Jisll ibusi Produseu - Peugecer - KOi"lSUmen (0. i:) aiau i):',;(»).SedangK,uL
angka Coefisien 0/ Variation (CV) dan saluran distribusi Produsen - Pengecer Konsumen
juga mempunyai angka yang terkecil (0.0271 atau 2,7l %). Dan hasii analtsis
scoring maka diketahui saluran distribusi Produsen - Pcngecer - Konsumen yang layak
dikembangkan untuk masa yang akan datang. HasiI scoring dari masing-masing saluran
distribusi yang digunakAn adaiah saluran distribusi Produsen - Agen -SubAgen -
konsumen 4, saluran distribusi Produsen - Agen Pengecer - Konsumen 2 dan .saluran
distribusi Produsen - Pengecer - Konsumen 6. | en_US |