SUZUKI SHOGUN PT. INDO JAKARTA MOTOR GEMILANG SUZUKI TRUNOJOYO JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang  mempengaruhi terhadap volume  penjualan sepeda motor Suzuki  Shogun PT. lndo Jakarta Motor Gemilang Suzuki Trunojoyo   Jernber. Dengan data harga jual, biaya promosi dan jumlah  salesman yang diberikan perusahaan serta data pendukung  lainnya, penelitian ini dimaksudkan untuk  rnengetahui  apakah  variabel-variabel tersebut mempengaruhi volume penjualan   sepeda motor Suzuki Shogun PT.  lndo Jakarta Motor Gemilang Jember Suzuki Trunojoyo Jember. Periode penelitian ini tahun  1996-   2000.
Adapun metode yang digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi volume penjualan sepeda motor Suzuki   Shogun PT. lndo Jakarta Motor Gemilang Suzuki Trunojoyo   Jernber adalah dengan menggunakan analisis Regresi Linear   Berganda, dengan metode ini dapat diketahui apakah perubahan variabel-variabel harg jual, biaya promosi dan jumlah salesman     mempunyai pengaruh terhadap variasi naik-turunnya volume  penjualan motor  Suzuki  Shogun.
Dari hasil penelitian dan pembahasan menunjukan  bahwa  variabel harga  jual, biaya promosi  dan jumlah  salesman  secara bersama-sama mernpunyai pengaruh nyata terhadap volume penjualan   sepeda motor Suzuki Shogun,  variabel biaya prornosi, jumlah salesman mempunyai pengaruh positif sedangkan variabel harga    jual mempunyai pengaruh negatif  terhadap volume  penjualan,  dan  untuk masing-masing variabel harga jual, biaya promosi dan jumlah   salesman mempunyai pengaruh yang nyata terhadap volume  penjualan  sepeda  motor Suzuki  Shogun.
Dari hasil penelitian juga diketahui bahwa variabel yang paling  dominan adalah variabel biaya promosi, untuk itu perusahaan PT. Indo Jakarta Motor Gemilang Suzuki Trunojoyo Jember harus lebih  memfokuskan pada bidang tersebut untuk dapat meningkatkan volume  penjualan  sepeda  motor  Suzuki   Shogun.
