ANALISIS FAKTOR BAURAN PEMASARAN YANG MEMPENGARUHI MINAT KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN RUMAH DI PERUMAHAN PESONA SURYA MILENIA JEMBER
Abstract
Dengan  menyadari  arti pentingnya  perumahan  yang layak  maka dalam skripsi ini penulis mengadakan penelitian di PT. Barokah Surya Timur sebagai developer Perumahan Pesona Surya Milenia  Jember. Responden yang diambil dalam penelitian ini sebayak 50 orang. Untuk  mengumpulkan data  dari responden (kuisioner) dilakukan dengan cara    mendatangi konsumen yang akan membeli rumah  di  Perumahan Pesona  Surya Milenia Jember. Penelitian tersebut berlangsung  selama tiga   bulan   yaitu   bulan Februari  sampai  dengan  bulan April 2001.
Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor bauran pemasaran  (harga,  produk,  tempat, dan  promosi)  secara simultan dan menunjukkan   faktor  yang  paling  dominan   terhadap   minat  konsumen   untuk membeli rumah di Perumahan  Pesona Surya Milenia Jember.  Penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif-kuantitatif, dimana     dijelaskan tingkat  minat  konsumen untuk  membeli rumah di  Perumahan   Pesona  Surya Milenia  Jember  melalui  selisih  antara  kinerja  dan  tingkat   kepentingan suatu item dari  variabel  bauran  pemasaran. Tingkat  kesesuaian   antara  kinerja  dan tingkat   kepentingan    tersebut,  dapat   diketahui   posisi   masing-masing    item dalam skala  prioritas.
Melalui pengolahan data dengan menggunakan komputer program Mikrostat,  persamaan-reqresi linear berganda yang digunakan dalam penelian ini  secara   serempak   menghasilkan    korelasi   yang  signifikan.    Dari keempat  variabe bebas  tersebut,  variabel   X1   (harga) mempunyai   korelasi yang  paling  besar,  kemudian  variabel  X3  (lokasi), variabel  X4 (promosi)  dan variabel  X2 (produk).
Dari hasil  analisis dan pembahasan,  kedua  hipotesis yang dikemukakan terbukti. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil  perhitungan terhadap alat analisis yang digunakan, dimana keempat faktor bauran pemasaran  yang  menjadi  variabel bebas dalam  penelitian  menunjukkan   nilai yang signifikan  terhadap.variabel    tidak bebas.
Berdasarkan kesimpulan diatas, maka penulis  memberikan saran bahwa   faktor harga (X1), merupakan faktor  yang paling penting bagi konsumen   sehingga perlu menjadi perhatian utama bagi pihak developer, kemudian   faktor   lokasi   (X3),  faktor   promosi   (X4)  dan  faktor   produk   (X2) secara  berurutan  menjadi  perhatian  berikutnya.
