Show simple item record

dc.contributor.advisorGumanti, Tatang Ary
dc.contributor.advisorSriono
dc.contributor.authorIndriani, Yernie
dc.date.accessioned2015-12-17T04:32:42Z
dc.date.available2015-12-17T04:32:42Z
dc.date.issued2015-12-17
dc.identifier.nim980810201501E
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67702
dc.description.abstractSetiap perusahaan dalam rnenjalankan usahanya tentu tidak terlepas dari usaha untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan. Pada hakekatnya tujuan utama didirikannya suatu perusahaan adalah untuk mernperoleh keuntungan disamping untuk mernpertahankan kelangsungan hidupnya. Berhasil tidaknya suatu perusahaan dalam rnencapai tujuan tersebut, dipengaruhi oleh kemarnpuan manajemen dalam melihat peluang dan kesempatan saat ini dan pada masa yang akan datang. Dengan semakin berkembangnya kehidupan dunia usaha, maka makin ketat pula persaingan yang dihadapi oleh perusahaan. Oleh karena itu masalah pencapaian tujuan bukanlah bal yang mudah, keadaan ini menuntut adanya profesionalisme seorang manajer dalam melaksanakan perencanaan, pengkoordinasian, pengarahan dan pengawasan terhadap semua kegiatan operasional perusahaan. Dan bermacarn-macam perencanaan yang dilakukan oleh seorang manajer, manajemen pemasaran merupakan salah satu bidang yang penting. Pelaksana konsep pemasaran yang benar bagi suatu perusahaan dapat mendukung berhasilnya usaba atau bisnis yang dilakukan dengan memberikan kepuasan terhadap keinginan atau kebutuhan konsumen. Program pemasaran perusahaan yang cukup memegang peranan penting adalah promosi. Aktivitas promosi meliputi variabel- variabel antara lain: sdvertenst, personal selling, promosi penjualan, dan publisitas. Promosi sebagai salah satu alat pemasaran telah banyak digunakan untuk: menjangkau konsumen serta mendorong konsurnen agar tergerak atau terpengaruh untuk membeli produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Salah satu variabel promosi yang cukup penting adalah advertensi, yang dalam pelaksanaannya dapat memanfaatkan beraneka macam media yang bentuknya sudah bervariasi dan modem sesuai dengan kemajuanjaman. Media yang digunakan untuk advertensi tersebut dapat berupa media cetak, media televisi, media radio dan sebagainya. Advertensi ini bertujuan mengubah perilaku konsurnen untuk membeli produk perusahaan, yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan volume penjualannya. Untuk merealisasi kegiatan advertensi diperlukan suatu anggaran. Perencanaan dan pengolaban anggaran advertensi bukanlah pekerjaan yang mudah bagi seorang manajer, sehingga dibutuhkan suatu tehnik manajerial yang cukup memadai. Pengelolaan ini tidak banya terbatas pada penentuan jumJah dana yang dibutuhkan dan bagairoana memperolehnya, tetapi juga mengusahakan bagaimana dana yang tersedia itu dialokasikan pada masing-masing advertensi yang digunakan, sehingga akan diperoleb suatu kombinasi pengaJokasian dana yang optimal. Pendapat yang memiliki bubungan antara biaya advertensi dan penjualan adalah sebagai berikut. Darsiyah (1994) meneliti hubungan antara penggunaan media advertensi dan pencapaian penjualan pada perusahaan rokok Sintren. Darsiyah menemukan bukti bahwa biaya advertensi berhubungan positif dengan tingkat penjualan. Lebih khususnya penelitian Darsiyah menerangkan bahwa dana yang dialokasikan untuk media advertensi pada periode tertentu akan mempengaruhi penjualan pada periode berikutnya. Selain itu ditemukan bahwa media advertensi merupakan variabel yang paling dominan yang mempengaruhi penjuaJan. Purnomo (1999), yang melakukan penelitian tentang Pengaruh Media Advertensi terhadap Penjualan sebagai Pedoman Pengalokasian Dana Advertensi pada Perusahaan Rokok Bunga Tani di Lamongan, menemukan bukti bahwa biaya advertensi berhubungan positif dengan tingkat penjualan. Purnomo juga menemukan bahwa dana yang dialokasikan untuk media advertensi pada periode tertentu akan mempengaruhi penjualan pada periode tersebut. Dan kedua penelitian tersebut diatas, nampak. jelas bahwa besamya biaya advertensi berhubungan positif dengan tingkat penjualan. Dengan kata lain, semakin besar alokasi dana untuk advertensi semakin besar tingkat penjualan yang dicapai,en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectpengalokasian danaen_US
dc.subjectadbertensien_US
dc.subjectpenjualanen_US
dc.titleAnalisis Pengaruh Media Advertensi Terhadap Penjualan Sebagai Pedoman Pengalokasian Dana Advertensi Pada PT. Tirta Investama Di Surabayaen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record