dc.description.abstract | Berbelanja fashion pada umumnya adalah membeli bahan atau produk
yang dibutuhkan saja, akan tetapi dengan banyaknya variasi dari berbagai
produk fashion saat ini membuat konsumen lebih banyak menghabiskan waktu
untuk memilih bahan atau produk yang tidak hanya dibutuhkan melainkan juga
diinginkan, semakin tinggi tingkat keterlibatan fashion, maka semakin tinggi
pula tingkat konsumen dalam melakukan pembelian secara spontan atau disebut
dengan pembelian impulsif.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh gaya hidup berbelanja
dan keterlibatan fashion terhadap perilaku pembelian impulsif pada mahasiswa
Strata 1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jember. Penelitian ini
menggunakan sampel mahasiswa Strata 1 manajemen yang masih aktif, metode
sampling yang digunakan adalah stratified random sampling dengan jumlah
responden sebanyak 101 mahasiswa. Teknik analisis yang digunakan adalah
analisis regresi dengan pendekatan konfirmatori. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa gaya hidup berbelanja dan keterlibatan fashion berpengaruh terhadap
perilaku pembelian impulsif mahasiswa Strata 1 Manajemen Fakultas Ekonomi
Universitas Jember dengan arah positif. | en_US |