dc.description.abstract | Brand loyalty merupakan satu ukuran keterkaitan seorang pelanggan pada
sebuah merek. Pelanggan yang loyal merupakan asset penting bagi perusahaan,
hal ini dapat dilihat dari karakteristik yang dimilikinya. Faktor-faktor yang
mendorong atau memengaruhi loyalitas merek terhadap suatu produk atau jasa
ada brand image dan Brand trust. Brand image atau citra merek adalah anggapan
tentang merek yang direfleksikan konsumen yang berpegang pada ingatan
konsumen. Citra yang baik tentang produk akan menguntungkan perusahaan
karena konsumen secara tidak disadari akan merekomendasikan produk kepada
orang lain. Sebaliknya citra yang buruk tentang produk akan membuat konsumen
menyebarkan informasi tersebut kepada orang lain. Brand trust adalah sebagai
kerelaan konsumen (menunjukan kecenderungan) untuk mengandalkan
kemampuan dari merek untuk menjalankan fungsi yang dijanjikan. Brand trust
adalah kecendrungan individu (kecendrungan sadar) untuk percaya pada kualitas
merek atau atribut sangat penting dalam hubungan konsumer merek.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh brand image
terhadap brand loyalty mahasiswa strata 1 pengguna Smartphone Merek Samsung
di Fakultas Ekonomi Universitas Jember dan untuk menguji pengaruh brand trust
terhadap brand loyalty mahasiswa strata 1 pengguna Smartphone Merek Samsung
di Fakultas Ekonomi Universitas Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah
mahasiswa Universitas Jember Fakultas Ekonomi yang menggunakan smartphone
merek Samsung. Jumlah populasi mahasiswa Universitas Jember Fakultas
Ekonomi yang menggunakan Smartphone Samsung tidak diketahui. Jumlah
sampel akan dipecah-pecah menjadi beberapa bagian. Jumlah sample dalam
penelitian ini adalah minimal 120 responden, yang diperoleh dari seluruh variabel
indikator yang digunakan dikalikan dengan 10. Karena dalam kajian ini jumlah
indikator dalam variabel laten seluruhnya berjumlah 12. Sampel dibagi 3 karena
jumlah jurusan di Fakultas Ekonomi ada 3 yaitu Manajemen, IESP dan Akuntansi,
sehingga dibagi menjadi 40 sampel. Metode analisis data yang digunakan adalah
analisis regresi dengan pendekatan konfirmatori
Berdasarkan analisis hasil studi dan pembahasan tentang pengaruh brand
image dan brand trust terhadap brand loyalty mahasiswa strata 1 pengguna
smartphone Merek Samsung di Fakultas Ekonomi Universitas Jember, maka dapat
diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut: a). brand image berpengaruh positif
signifikan terhadap brand loyalty mahasiswa strata 1 pengguna smartphone Merek
Samsung di Fakultas Ekonomi Universitas Jember. Dengan demikian hipotesis
pertama yang menyatakan bahwa ada pengaruh signifikan antaran brand image
terhadap brand loyalty mahasiswa strata 1 pengguna smartphone Merek Samsung
di Fakultas Ekonomi Universitas Jember diterima. Keseluruhan persepsi brand
ix
image responden terhadap merek Smartphone merek Samsung terbentuk
berdasarkan reputation, affinity dan domain.b). brand trust berpengaruh positif
signifikan terhadap brand loyalty mahasiswa strata 1 Fakultas Ekonomi
Universitas Jember pengguna smartphone Merek Samsung. Dengan demikian
hipotesis ke dua yang menyatakan bahwa ada pengaruh signifikan antaran brand
trust terhadap brand loyalty mahasiswa strata 1 pengguna smartphone Merek
Samsung di Fakultas Ekonomi Universitas Jember diterima. Keseluruhan persepsi
brand trust responden terhadap merek Smartphone merek Samsung terbentuk
berdasarkan achieving result dan acting with integrity. | en_US |