• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Minat Penggunaan Mobile Banking Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Yang Telah Dimodifikasi

    Thumbnail
    View/Open
    110810301163Hanif Astika Kurniawati.pdf (2.725Mb)
    Date
    2015-12-02
    Author
    Kurniawati, Hanif Astika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang dapat mempengaruhi persepsi mahasiswa tentang minat penggunaan mobile bankinguntuk mendukung aktivitas mereka sehari-hari, dengan menggunakan pendekatan TAM (Technology Acceptance Model). Faktor tersebut diantaranya persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, minat perilaku penggunaan. Serta menambahkan beberapa variabel external yaitu pengalaman, kerumitan, dan gander. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey terhadap minat mahasiswa akan mobile banking di Universitas Jember. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Clustered Random Sampling. Kuesioner dari 120 mahasiswa yang mendapat penawaran layanan mobile banking yang memenuhi syarat sebagai sampel dianalisis dengan menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM) pada program AMOS 22,0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengalaman berpengaruh terhadap persepsi kegunaan (perceived usefulness); (2) Kerumitan berpengaruh terhadap persepsi kegunaan (perceived usefulness). (3) Gender tidak berpengaruh terhadap persepsi kegunaan (perceived usefulness); (4) Gender tidak berpengaruh terhadap persepsi kemudahan (perceived ease of use); (5) Persepsi kemudahan penggunaan (perceived ease of use) berpengaruh terhadap persepsi kegunaan (perceived usefulness); (6) Persepsi kemudahan penggunaan (perceived ease of use) berpengaruh terhadap minat perilaku pengguna mobile banking; (7) Persepsi kegunaan (perceived usefulness) berpengaruh terhadap minat perilaku penggunaan mobile banking. Implikasi dari hasil penelitian ini relevan bagi mahasiswa yang berminat menggunakan mobile banking agar lebih memperhatikan faktor pengalaman dan kemudahan penggunaan. Pengguna mobile bankingdiharapkan untuk lebih yakin dengan menggunakan mobile banking dapat mempermudah aktivitas perbankannya serta mencoba lebih berani untuk mencoba hal yang baru khususnya dalam hal ini mobile banking.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65917
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository