Show simple item record

dc.contributor.advisorAhmad Kamsyakawuni, Ahmad
dc.contributor.advisorKusbudiono
dc.contributor.authorPurnamasari, Rachmah Ayu
dc.date.accessioned2015-12-02T03:46:44Z
dc.date.available2015-12-02T03:46:44Z
dc.date.issued2015-12-02
dc.identifier.nim091810101017
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65732
dc.description.abstractLembaga pendidikan seperti di sekolah-sekolah, perguruan tinggi banyak sekali beasiswa yang ditawarkan kepada siswa yang kurang mampu dan siswa berprestasi. Seperti yang tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 31 ayat 1 yang berbunyi “bahwa tiap-tiap warga Negara berhak mendapatkan pengajaran”. Sehingga pemerintah pusat dan pemerintah daerah wajib memberikan kemudahan kepada warga Negara untuk mendapat pendidikan yang bermutu. Untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu diperlukan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu bagi peserta didik yang orang tuanya kurang mampu dan peserta didik yang berprestasi berhak mendapatkan biaya pendidikan yang biasanya sering disebut beasiswa. Metode yang dapat diterapkan untuk penentuan penerima beasiswa, diantaranya adalah metode Simple Additive Weighting (SAW) dan metode The Distance To The Ideal Alternative (DIA). Oleh karena itu penulis tertarik untuk menerapkan metode Simple Additive Weighting dan metode The Distance To The Ideal Alternative untuk menyelesaikan permasalahan penentuan penerima beasiswa dengan tujuan untuk mengetahui metode mana yang lebih sesuai terhadap permasalahan penentuan penerima beasiswa. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu dimulai dengan mengumpulkan berbagai literatur tentang metode Simple Additive Weighting (SAW) dan metode The Distance To The Ideal Alternative (DIA) dari internet ataupun bukubuku yang berhubungan dengan kedua metode tersebut. Langkah kedua adalah pengambilan dan pengumpulan data tentang calon penerima beasiswa di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jember. Langkah ketiga adalah viii menerapakan metode Simple Additive Weighting (SAW) dan metode The Distance To The Ideal Alternative (DIA) untuk menyelesaikan permasalahan penentuan penerima beasiswa. Langkah penelitian keempat adalah pembuatan program dengan menggunakan software matematika yaitu MATLAB. Pada langkah ini, penulis membuat desain program berupa tampilan GUI dan membuat skrip program berdasarkan aplikasi kedua metode yang telah digunakan. Langkah terakhir adalah membandingkan kedua metode berdasarkan nilai preferensi dengan tujuan untuk mengetahui metode mana yang lebih efektif pada permasalahan penentuan penerima beasiswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa metode Simple Additive Weighting (SAW) dan metode The Distance To The Ideal Alternative (DIA) merupakan metode pengambilan keputusan dengan banyak kriteria yang keduanya dapat dimanfaatkan untuk penentuan penerima beasiswa. Pada akhir perhitungan berdasarkan data yang telah didapat metode Simple Additive Weighting (SAW) menghasilkan nilai preferensi tertinggi sebesar 0,8250 sedangkan pada metode The Distance To The Ideal Alternative (DIA) menghasilkan nilai preferensi terendah sebesar 0. Sehingga diperoleh hasil perangkingan mahasiswa terpilih dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) dan metode The Distance To The Ideal Alternative (DIA). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, metode Simple Additive Weighting (SAW) dan metode The Distance To The Ideal Alternative (DIA) memiliki penyelesaian yang berbeda, sehingga dilakukan uji sensitifitas yang ada pada kedua metode, metode The Distance To The Ideal Alternative (DIA) memiliki persentase perubahan perangkingan lebih besar yaitu sebesar 42,8571% dibandingkan dengan metode Simple Additive Weighting (SAW) yaitu sebesar 38,0952% sehingga dapat disimpulkan bahwa metode DIA adalah metode yang lebih baik digunakan dalam penentuan penerima beasiswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMETODE SIMPLEen_US
dc.titlePENENTUAN PENERIMA BEASISWA DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING DAN METODE THE DISTANCE TO THE IDEAL ALTERNATIVEen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record