dc.description.abstract | Lembaga amil zakat (LAZ) merupakan salah satu lembaga bentukan
masyarakat yang bergerak di bidang pengelolaan zakat. Dalam rangka menunjang
berbagai programnya, lembaga amil zakat dituntut untuk memiliki berbagai
macam komponen yang menunjang berlangsungnya kegiatan keorganisasian,
mulai dari sarana dan prasarana, sampai sumber daya manusia yang memadai.
Salah satu lembaga amil zakat yang sedang berkembang di Kabupaten Jember
adalah LAZ RIZKI (Rumah Itqon Zakat Infak). Dalam hal ini, LAZ RIZKI sudah
melakukan transformasi dari hanya sekedar melakukan pengelolaan zakat,
menjadi lembaga sosial yang juga berkonsentrasi pada pemberdayaan masyarakat.
Untuk menjadi suatu lembaga yang baik, LAZ RIZKI perlu melakukan upaya
untuk meningkatkan kinerja pegawai, tapi hal ini menjadi tidak mudah karena
banyak faktor yang memengaruhi kinerja seseorang.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang
memengaruhi kinerja pegawai LAZ RIZKI. Jika mengacu pada penelitian
terdahulu, maka beberapa faktor yang memengaruhi kinerja pegawai di suatu
lembaga/instansi adalah faktor organisasi meliputi kepemimpinan dan budaya
organisasi, serta faktor individu meliputi kompetensi, budaya kerja, dan kepuasan
kerja. Selain kedua faktor tersebut, dalam kajian teori dijelaskan bahwa kinerja
pegawai juga dipengaruhi faktor ketiga yaitu faktor psikologi. Penelitian ini
kemudian menggunakan variabel observasi yang terdiri dari 52 variabel yang akan
diujikan kepada responden.
Dalam penelitian ini, dikarenakan jumlah pegawai LAZ RIZKI
berjumlah 58 orang, populasi bertindak pula sebagai sampel atau dapat dikatakan
bahwa penelitian ini mengunakan metode penelitian populasi (sensus). Metode
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu survai dengan
kuesioner dan wawancara. | en_US |