Show simple item record

dc.contributor.advisorSuroso, Imam
dc.contributor.advisorIndraningrat, Ketut
dc.contributor.authorHikmah, Finda Nur
dc.date.accessioned2015-12-01T06:47:39Z
dc.date.available2015-12-01T06:47:39Z
dc.date.issued2015-12-01
dc.identifier.nim110810201062
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65493
dc.description.abstractDunia bisnis di Indonesia saat ini berkembang dengan pesat. Perusahaan bisnis semakin menjamur pada semua tingkatan, dari skala kecil, menengah, hingga skala besar, baik dalam bidang produk maupun jasa. Berkembangnya bisnis tersebut menyebabkan begitu banyak alternatif bagi masyarakat untuk memilih jenis bisnis yang sesuai dengan keinginannya, Salah satu bisnis yang berkembang saat ini adalah bisnis Multi Level Marketing (MLM) atau Networking Marketing. MLM merupakan pengembangan pemasaran dari metode direct selling (pemasaran langsung). Menurut Asosiasi Penjual Langsung Indonesia (APLI) di Indonesia perusahaan yang tercatat sebagai anggota APLI diantaranyaadalah PT. Amway Indonesia, PT. Citra Nusa Insan Cemerlang (CNI), PT. Harmoni Dinamik Indonesia (High Desert), PT. NadjaSukses Utama (Sophie Marteen) dan PT. Orindo Alam Ayu (Oriflame). Sistem bisnis MLM mulai banyak dipilih oleh beberapa kalangan sebagai alternatif kegiatan bisnis, termasuk kalangan mahasiswa. Banyak mahasiswa yang memulai bisnis MLM sebagai pilihan untuk meningkatkan pendapatan mereka. Selain itu bisnis ini juga tidak mengganggu aktivitas perkuliahan karena tidak ada jam kerja sehingga dapat di kerjakan kapan saja di waktu senggang perkuliahan. Bisnis MLM juga diyakini dapat menumbuhkan jiwa entrepreneurship kepada mahasiswa secara tidak langsung. Penelitian ini merupakan penelitian fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif dipilih dengan pertimbangan untuk mendapatkan informasi yang lebih dalam dari masing-masing informan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Program Studi S-1 Universitas Jember. Subyek dari penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Program Studi S-1 Universitas Jember yang aktif sebagai member bisnis MLM. Informan dipilih sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Penelitian ini memperoleh hasil dan kesimpulan bahwa Persepsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Program S-1 Universitas jember tentang bisnis MLM adalah positif, asalkan teliti dalam memilih bisnis MLM. karena bisnis jaringan dapat memberikan keuntungan finansial kepada member, selain itu bisnis MLM merupakan pengikat tali silaturrahmi karena hampir setiap hari ada pertemuan sehingga memunculkan persaudaraan yang kuat diantara para member MLM. Member MLM juga lebih mampu berkomunikasi dengan baik serta adanya perubahan karakter yang lebih baik pada diri member tersebut, bisnis MLM juga merupakan solusi yang baik untuk mahasiswa dalam menambah penghasilan, sehigga meringankan beban orang tua. Peran stakeholder dalam MLM sangat baik dalam memasarkan produknya. Sehingga kegiatan bisnis yang dijalankan berjalan lancar, baik dari sistem kerja maupun dari produk yang dijual.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPersepsi Mahasiswaen_US
dc.subjectMulti Level Marketingen_US
dc.titlePERSEPSI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI PROGRAM STUDI S-1 UNIVERSITAS JEMBER TENTANG BISNIS MULTI LEVEL MARKETING (MLM)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record